Tari Jogi Pelajar Batam Akan Meriahkan Pembukaan KSM ke-20

Media Center Batam – Ratusan siswa berbagai sekolah se-Kota Batam akan menari jogi bersama di Dataran Engku Putri. Penampilan tarian khas melayu ini menjadi bagian dalam pembukaan Kenduri Seni Melayu (KSM) ke-20. Pembukaan KSM dijadwalkan pada Rabu (11/12) malam.

“Sejak 1999, agenda ini rutin Pemerintah Kota Batam adakan, tanpa jeda. Tahun ini adalah ke 20 kalinya kita gelar. Maka akan kita buat lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Sekupang, Sabtu (23/11).

Selain melibatkan pelajar, KSM ke-20 ini juga akan menampilkan orang nomor 2 di Kota Batam. Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad akan menunjukkan kebolehannya berpuisi di panggung KSM 2019.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari. Berbagai penampilan dapat disaksikan pengunjung selama perhelatan.

“Tak hanya dari Kota Batam, kemeriahan KSM juga diisi pelaku seni dari kota/kabupaten lain di Indonesia, bahkan hingga mancanegara,” ujar Ardi.

Penampil dari negara serumpun seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, dan Myanmar juga ikut ambil bagian. Tak ketinggalan seniman dari negeri beruang putih, Rusia.

Kesenian yang dipersembahkan beragam. Mulai dari tari, musik, sampai puisi. Tak cuma bernuansa melayu tapi juga kesenian nusantara.

“Pada tanggal 12 Desember juga akan ada pertunjukan gasing yang dimainkan anak-anak sekolah se-Kota Batam. Ini sekaligus untuk melestarikan kembali permainan tradisional yang sudah mulai ditinggalkan,” tuturnya.

Mungkin Anda juga menyukai