Batam Raih Penghargaan atas Penyelesaian Dokumen Masterplan Kota Cerdas Tahun 2022, Satu-satunya dari Kepri

πŒπ‚ 𝐏𝐞𝐦𝐀𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Kota Batam kembali meraih penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini penghargaan atas penyelesaian dokumen masterplan Kota Cerdas atau Smart City tahun 2022.

Penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Jefridin mengatakan di bawah kepemimpinan Wali Kota Batam, Muhamamad Rudi selama ini, Kota Batam memang didesain menjadi kota yang modern dan maju. Karena itu, Smart City ini menjadi salah satu program Pemko Batam.

“Alhamdulillah hari ini kita mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat, atas Penyelesaian Dokumen Masterplan Kota Cerdas Tahun 2022, kita satu-satunya dari Kepri,” kata Jefridin, atas Penyelesaian Dokumen Masterplan Kota Cerdas Tahun 2022, di Hotel Grand Sahid Jakarta Pusat, Kamis (1/12/2022).

Sebelumnya, Jefridin juga mengikuti Seminar Nasional dan Pameran Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022. Seminar tersebut membahas perkembangan Smart City di Indonesia saat ini.

Selain itu juga mengidentifikasi permasalahan dan strategi percepatan serta keberhasilan Smart City dalam situasi luar biasa seperti pandemi Covid-19, sekaligus memberikan suatu konsep strategi bagi pemerintah daerah untuk melakukan pengembangan dalam pengelolaan pemerintah yang baik dan lainnya.

Hal tersebut disampaikan Jefridin saat menghadiri seminar nasional yang bertema β€œRecover Together, Recover Stronger” untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis digital yang berkolaboratif, inklusif dan bekelanjutan.

Kegiatan tersebut, ia menjelaskan sebagai tindak lanjut dari Gerakan Menuju Kota Cerdas 2022 di mana Kementerian Kominfo telah memberikan pendampingan penyusunan masterplan kota cerdas (smart city) kepada 50 kota/kabupaten, dan evaluasi implementasi program kota cerdas terhadap 141 kota/kabupaten yang telah terpilih pada 2017-2021.

“Batam termasuk 1 dari 50 daerah yang menerima program tersebut untuk mewujudkan Kota Cerdas,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Sekda Kota Batam Jefridin Hamid, yaitu Kadis Kominfo Kota Batam Azril Apriyansah dan dan Kabag Organisasi Sekretariat Daerah Kota Batam Rudi Panjaitan.

Mungkin Anda juga menyukai