Batam Terima Penghargaan Kota Cerdas 2019

Media Center Batam – Batam kembali menerima penghargaan. Kali ini dari ajang Awarding Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2019 yang ditaja Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Bahkan Batam menjadi satu-satunya kota besar di luar Pulau Jawa yang mendapat piagam dan piala di ajang bergengsi tersebut.

Penghargaan diterima oleh Wali Kota Batam yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Zarefriadi. Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Aula Barat ITB, Bandung, Senin (18/11).

“Alhamdulillah Batam mendapat penghargaan di lima kategori,” kata Zarefriadi.

Adapun kategorinya yaitu rating kota menuju cerdas (smart city), rating ekonomi cerdas (smart economy), rating lingkungan cerdas (smart environment), rating keamanan dan kebencanaan kota (safe and secure cities), dan rating kesiapan integrasi (integration readiness).

RKCI ini merupakan agenda rutin dwi tahunan. Pada acara ini tak hanya diserahkan penghargaan, tapi juga disampaikan clustering kota-kota. Serta penyampaian masukan untuk peningkatan kinerja kota dalam menuju pengembangan kota cerdas.

Rangkaian penilaian RKCI  2019 ini sudah dimulai sejak Juli 2019 dengan dilakukannya launching di Istana Wakil Presiden RI. Kemudian dilanjutkan dengan self assessment pada Agustus 2019. Dan verifikasi lapangan Tim ITB pada September 2019.

Piagam RKCI untuk kota besar diberikan kepada Surabaya, Bandung, Semarang, Batam, Bogor, Tangerang, dan Tangerang Selatan. Sementara piala hanya diberikan kepada lima kota dengan nilai terbaik, yaitu Semarang, Surabaya, Batam, Bandung, dan Tangerang.

Tim verifikasi RKCI dari ITB turun langsung ke Kantor Wali Kota Batam pada 26 Setember lalu. Kedatangan tim disambut langsung oleh Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. Pada kesempatan tersebut Amsakar memaparkan tentang potensi dan inovasi yang tengah dilakukan Pemko Batam.

“Batam memang kita desain untuk menjadi kota mendekati Singapura, setara dengan Johor. Karena kami berada di beranda terdepan Indonesia bagian barat,” kata Amsakar.

Menurutnya ada lima fokus Pemko di bawah kepemimpinan Muhammad Rudi-Amsakar Achmad dalam membangun Batam. Yakni pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, investasi untuk peningkatan ekonomi, sumber daya manusia.

“Dan smart city, kota cerdas ini menjadi salah satu fokus pembangunan Batam,” ujarnya.

Mungkin Anda juga menyukai