Usung Tema Tradisional Melayu, BBDC Juarai Berbagai Kategori IMAC

Media Center Batam – Bahana Barelang Drum Corps (BBDC) berjaya di ajang Indonesia Marching Arts Championship (IMAC) 2019. Marching band binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam ini sukses membawa gelar juara di keempat kategori lomba yang diikuti.

Yakni juara 1 music sport, juara 2 marching show world class, juara 2 colour guard (CG) contest international class, serta juara 4 drum battle international class. Total hadiah yang dibawa pulang mencapai lebih dari Rp 40 juta.

“Alhamdulillah BBDC dapat gelar di semua kategori yang diikuti di ajang IMAC 2019 ini,” kata pelatih kepala atau band director, Zai saat ditemui di Pelabuhan Sekupang, Senin (18/11).

Siang itu, tim BBDC baru saja tiba di Batam usai mengikuti lomba di Pekanbaru. Rombongan yang berjumlah 90 orang ini berangkat ke ibukota Provinsi Riau pada Rabu (13/11).

Menurut Zai, IMAC 2019 ini diikuti 27 peserta. Tak hanya dalam negeri tapi juga dari negara tetangga seperti Vietnam.

“IMAC ini kompetisi pertama BBDC di luar Batam. Meski persiapan hanya satu bulan, alhamdulillah tetap bisa membawa nama harum bagi Kota Batam,” ujarnya.

Zai mengatakan pada kompetisi ini BBDC mengusung konsep tradisional melayu. Dengan tema “Takkan Melayu Hilang di Bumi”, BBDC menyuguhkan penampilan bernuansa melayu dari awal hingga akhir pertunjukan.

“Musik yang kita bawa ada yang kita aransemen sendiri dan ada juga lagu Pak Ketipak Tipung,” sebutnya.

Atas prestasi yang diraih ini, BBDC semakin percaya diri untuk tampil kompetisi lain. Bahkan mereka akan mulai mempersiapkan diri untuk ambil bagian di Batam Tourism International Marching Championship (BTIMC) tahun depan.

“Semoga tahun depan bisa tanding di international championship lagi di luar Batam,” tutur Zai.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengucapkan selamat atas prestasi BBDC di ajang IMAC 2019. Ia berharap perolehan ini menjadi semangat bagi anak-anak BBDC untuk berkarya lebih baik demi membawa nama Kota Batam ke tingkat nasional bahkan dunia.

“Marching ini juga sudah dipertandingkan di PON (Pekan Olahraga Nasional). Jadi kemarin kita ngobrol juga dengan KONI. Kita akan dorong anak-anak BBDC ini untuk bisa ikut PON,” kata Ardi.

Mungkin Anda juga menyukai