Datangkan Perancang Nasional, Dekranasda Latih ‘Designer’ Batik Batam

Media Center Batam – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Batam bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam menggelar pelatihan fashion design. Pelatihan diperuntukkan bagi perancang pakaian dan pengrajin batik di Kota Batam.

Tak tanggung-tanggung narasumber pelatihan didatangkan langsung dari Jakarta. Pertama yaitu Taruna K Kusmayadi yang merupakan perancang ternama nasional sekaligus pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI). Selanjutnya yaitu Suryawati, dosen di Institut Kesenian Jakarta.

“Pesertanya merupakan pengrajin batik dan desainer Kota Batam, berjumlah 20 orang,” kata Ketua Dekranasda Batam, Marlin Agustina Rudi di Hotel Pacific, Selasa (22/10).

Pelatihan berlangsung selama dua hari. Adapun tujuannya yakni menjadikan batik Batam sebagai produk unggulan daerah.

“Saya ingin batik Batam menjadi produk unggulan yang solid dan kuat sehingga siapapun nanti pemimpinnya, Batik Batam tetap dapat terus diproduksi dan dipasarkan,” tekadnya.

Pengembangan batik Batam sudah dilakukan Dekranasda melalui berbagai cara. Mulai dari membina pebatik-pebatik yang tergolong pemula di Kota Batam. Kemudian mengembangkan pola-pola, motif batik khas daerah hingga mematenkannya.

Selanjutnya membuat workshop untuk para pebatik. Sampai dengan bantuan promosi dan pemasaran.

Promosi dilakukan dengan menggelar berbagai agenda. Satu yang terbesar yakni pagelaran Roadshow Batik Batam Fashion Week. Roadshow diadakan mulai dari kecamatan ke kecamatan. Hingga kini sudah tampil di beberapa event setingkat nasional sampai ke negeri jiran.

“Kita ingin batik Batam ini bisa benar-benar berkembang dan dikenal. Agar mendatangkan manfaat bagi daerah dan masyarakat,” ujar istri Walikota Batam, Muhammad Rudi tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai