Pemko Ajak Masyarakat Meriahkan Rangkaian HUT RI

Media Center Batam – Pemerintah Kota Batam menyiapkan beragam acara memeriahkan perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia. Rangkaian diawali dengan lomba gerak jalan yang akan dilaksanakan pada Sabtu (3/8).

Berikutnya pengukuhan anggota Paskibraka pada Rabu (14/8), pawai obor/Taptu di Hotel Pacific dan renungan suci di TMP Bulang Kebang Batuaji pada Jumat (16/8).

Kemudian upacara peringatan detik-detik proklamasi, pemberian remisi, dan upacara penurunan bendera di hari H, Sabtu (17/8). Serta upacara hari Pramuka pada Minggu (18/7).

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan upacara akan dilaksanakan di Dataran Engku Putri. Pada saat upacara penurunan bendera akan ada atraksi kebudayaan nusantara.

“Atraksi ini menampilkan ragam kebudayaan dari berbagai daerah di nusantara, persembahan paguyuban yang ada di Kota Batam,” kata Yusfa di Batam Centre, Rabu (31/7).

Selain atraksi kebudayaan di upacara penurunan bendera, juga akan dilaksanakan pawai pembangunan dan kebudayaan,” Minggu (18/8). Rute pawai dimulai di Dataran Madani, depan Edukits Jalan Raja Haji Fisabilillah.

Pawai pembangunan akan menampilkan kendaraan hias yang melibatkan instansi publik, instansi pusat, dan jajaran FKPD Kota Batam. Kendaraan hias yang ditampilkan bertemakan keberhasilan pembangunan. Sementara pawai budaya diikuti oleh OPD beserta seluruh paguyuban yang ada di Kota Batam.

“Pawai budaya ini sebagai wadah untuk memperkenalkan budaya masing-masing dan juga menjadi ajang promosi keanekaragaman budaya yang ada di Kota Batam. Pawai pembangunan dan budaya ini juga bisa menjadi tontonan bagi wisatawan yang berkunjung ke Batam,” jelas mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam ini.

Adapun tema HUT RI ke-74 tahun “SDM Unggul Indonesia Maju”. Momen peringatan HUT RI ke-74 tahun ini diharapkan dapat merekatkan seluruh komponen masyarakat Kota Batam.

Karena itu Walikota Batam, Muhammad Rudi berharap seluruh unsur masyarakat bisa berpartisipasi dalam rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini.

Pada peringatan HUT RI tahun ini Pemko Batam juga menggelar lomba gapura. Tujuannya menyemarakkan hari kemerdekaan di lingkungan pemukiman.

Di tingkat kecamatan pun telah disiapkan event dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan. Seperti lomba perahu layar, lomba sampan layar, fun bike, jalan santai, pesta anak kampung, pesta rakyat jaranan kuda lumping, smiling morning, dan pesta anak pantai.

Mungkin Anda juga menyukai