Daya Tampung SMPN 3 Dimaksimalkan ke 40 Siswa

Walikota Batam, Muhammad Rudi saat pertemuan dengan orangtua calon siswa.

Media Center Batam – Walikota Batam, Muhammad Rudi memerintahkan SMP Negeri 3 Batam untuk maksimalkan penerimaan siswa menjadi 40 orang per rombongan belajar. Saat ini jumlah siswa yang diterima sekolah di Sekupang tersebut sebanyak 36 orang per lokal.

“Kalau 40 siswa, ada 11 kelas, berarti bisa menampung 440 orang anak. Bisa tambah 44 anak lagi,” kata Rudi di akhir pertemuan dengan orangtua calon siswa di SMPN 3 Batam, Jumat (14/6).

Pertemuan ini bertujuan untuk membahas nasib 300-an anak yang tidak diterima di SMP negeri manapun pascapendaftaran dengan sistem zonasi. Mereka berdomisili di Kecamatan Sekupang. Namun nama anaknya tidak muncul di sekolah manapun di wilayah tersebut.

Ada enam SMP negeri yang berlokasi di Sekupang. Yakni SMPN 3 di Kelurahan Sei Harapan, SMPN 20 di Tiban Baru, SMPN 25 di Tiban Indah, SMPN 47 di Tanjung Riau, SMPN 56 di Tiban Lama, dan SMPN 57 di Patam Lestari.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan dari hasil pertemuan ini disepakati siswa akan ditampung berdasarkan lokasi terdekat dari tempat tinggal. Meski di saat pendaftaran sebelumnya, tidak mendaftar ke sekolah itu.

“Telah disepakati, di mana terdekat, di situ akan diarahkan untuk disekolahkan. Tidak pilih lagi, yang penting anaknya diterima di negeri,” ujarnya.

Rudi menjelaskan sistem zonasi ini disusun oleh pemerintah pusat. Bahkan untuk menentukan jaraknya tidak dilakukan secara manual, melainkan dilihat dari peta digital Google Maps.

“Kemarin saya biarkan sistem berjalan dulu. Yang hari ini tak masuk yang mau kita selesaikan. Seminggu ini kerja saya selesaikan ini saja lah,” kata dia.

Mungkin Anda juga menyukai