Amsakar Serahkan Bantuan Pangan ke Anak Asuh LKSA

Sebanyak 500 anak asuh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di 10 kecamatan Kota Batam menerima bantuan kebutuhan dasar. Bantuan diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad di Aula Kantor Walikota Batam, Kamis (6/9) sore.

Media Center Batam – Sebanyak 500 anak asuh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di 10 kecamatan Kota Batam menerima bantuan kebutuhan dasar. Bantuan diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad di Aula Kantor Walikota Batam, Kamis (6/9) sore.

Amsakar berharap bantuan ini bisa membantu penuhi kebutuhan tumbuh kembang anak dengan baik. Sehingga anak-anak asuh LKSA dapat berkembang dan berprestasi secara optimal.

“Sesuai amanat UUD 1945 Pasal 34, fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara. Oleh karena itu kita anggarkan bantuan ini kepada fakir miskin, anak terlantar, dan anak yatim. Kegiatan ini murni ide Pak Walikota yang mengumpulkan seluruh anak LKSA yang menerima bantuan di ruangan ini. Agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan juga bentuk transparansi Pemko Batam,” kata mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam ini.

Amsakar mengatakan bantuan yang diberikan Pemko saat ini sifatnya untuk merangsang LKSA melakukan pemberdayaan. Ini dilakukan mengingat terbatasnya anggaran yang dimiliki Pemko Batam.

“Pemko sudah memberikan insentif RT, RW, imam masjid, guru TPQ, Mubaligh, Pendeta dan kegiatan bedah rumah yang diadakan dari tahun ke tahun. Hari ini ada bantuan makanan. Jika semua disiapkan APBD maka tidak akan cukup. Sesuai amanah bahwa dari Rp 2,6 triliun APBD Kota Batam sebanyak 30 persen dialokasikan untuk infrastruktur, 20 persen untuk pendidikan, dan 10 persen untuk kesehatan. Sisanya 40 persen dan kurang lebih 35 persen untuk belanja aparatur,” jelasnya.

Harapannya meski Pemko belum memberikan insentif untuk pengasuh namun pengasuh tetap semangat mengelola anak-anak LKSA. Dan menjadikan pekerjaan itu sebagai panggilan hati dan ibadah. Kepada anak-anak yang menerima bantuan Amsakar bepesan agar belajar dengan baik dan sungguh-sungguh.

“Semoga semua anak yang hadir di sini menjadi anak hebat, membanggakan dan mampu bersaing di masa era milenial,” tutupnya.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (DSPM) Kota Batam, Hasyimah mengatakan bentuk bantuan yang diberikan berupa bahan makanan. Terdiri dari beras, minyak goreng, susu, gula, tepung terigu, tepung beras, ikan kaleng, indomie, garam yodium, kacang hijau, saus tomat, saus sambal, kecap asin dan manis, serta margarin.

“Nilai bantuan yang diberikan Rp 25 ribu per anak per hari. Bantuan kebutuhan dasar ini diberikan selama empat bulan, terhitung September sampai Desember. Dan dianggarkan melalui anggaran Bansos Pemko Batam,” tuturnya.

Perwakilan LKSA Kota Batam, Nasir menyampaikan terima kasih atas bantuan kebutuhan dasar yang diberikan Pemko Batam. Harapannya bantuan yang diberikan bisa terus berlanjut setiap tahunnya. Pesan lain yang ia sampaikan agar Pemko Batam juga memberikan bantuan kepada pengelola panti berupa insentif.

“Kami berharap bukan hanya anak kami yang mendapat bantuan, tapi juga insentif untuk pengasuh. Mengingat perjuangan kami siang dan malam serta berbagai risiko yang kami hadapi,” kata Nasir.

Mungkin Anda juga menyukai