Pemko Juga Fokus Meningkatkan SDM

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin.

MEDIA CENTER BATAM- Pemerintah Kota (Pemko) Batam selain fokus membangun infrastruktur jalan, juga fokus dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Salah satunya dengan mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen melalui APBD Kota Batam. Selain itu, Pemko Batam juga memberikan insentif kepada guru TPQ, Mubaligh, Imam Masjid dan RT/RW.

Insentif ini diberikan dalam rangka membantu Pemko Batam untuk meningkatkan SDM di Kota Batam. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin yang mewakili Walikota Batam, Muhammad Rudi saat memberikan sambutan dihadapan jamaah Mushalla Annur dalam kegiatan safari ramadhan, Rabu (28/3).

“Tanpa guru TPQ tentu tidak bisa transfer agama kepada anak-anak kita. Ilmu agama ini penting untuk membentengi anak-anak kita dari pengaruh budaya luar yang berkembang di Batam,” sebut Jefridin.

Ia mengatakan, Walikota Batam terus menggesa pembangunan Kota Batam sesuai yang telah dituangkan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Membangun jalan, drainase baik di perkotaan maupun lingkungan masyarakat. Anggaran Rp1,3 miliar dialokasikan untuk membangun infrastruktur lingkungan melalui program percepatan infrastruktur kelurahan (PIK). Penataan infrastruktur ini dilakukan untuk menarik kunjungan orang ke Batam baik domestic maupun mancanegara.

“Pemko Batam dalam membangun Kota Batam ini mengandalkan PAD yang bersumber dari pajak dan retribusi. Untuk itu agar orang mau datang ke Batam maka kita harus menciptakan kondisi Batam yang aman dan kondusif,” sebutnya usai Shalat Isya dan Tarawih berjamaah.

Sebelumnya, rombongan Safari Ramadhan Walikota menggelar Shalat Maghrib dan buka puasa bersama masyarakat di Masjid Asyakirin Bengkong Sulawesi. Agus perwakilan warga menyampaikan ucapan terimakasih atas pembangunan infrasruktur yang dilakukan Pemko Batam.

“Terimakasih atas kunjungan Pak Walikota ke masjid kami ini,” tuturnya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan pembangunan infrastruktur Kota Batam akan selesai pada tahun 2025.  Harapannya, pembangunan masjid ini akan membantu masyarakat dari segi perekonomian. Selain itu Pemko Batam juga tengah membangun masjid yang akan menjadi tujuan wisata religi di Batu Aji. Wisata Kota Batam menurutnya bukan hanya untuk masyarakat lokal, melainkan juga orang asing.

“Jika tidak dijaga dengan  baik maka budaya mereka bisa berkembang dan akan diikuti oleh anak-anak kita. Oleh karena utu bentengi anak-anak kita dengan ilmu agama,” pesannya.(HP)

Mungkin Anda juga menyukai