PGN Jamin Pasokan Gas Berjalan Normal di Libur Lebaran

Media Center Batam – Pasokan gas PT Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk pelanggan berjalan normal di musim libur lebaran Idul Fitri 1440 H/2019 ini.

“Layanan normal. Pasokan aman. Permintaan dari pelanggan komersil pun tetap kita layani seperti biasa,” kata Sales Area Head PGN Batam, Wendi Purwanto di Batam Centre, Rabu (29/5).

Jaminan pasokan dan layanan gas bumi dari PGN ini juga berlaku secara nasional. Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama menjamin layanan gas selama libur Lebaran tetap berjalan sedia kala.

“Pengoperasian 12 Stasiun Pengisian Bahan bakar Gas (SPBG) dan 4 Mobile Refueling Unit (MRU) juga tetap berjalan normal,” kata Rachmat melalui siaran pers, Selasa (28/5).

PGN juga menjalankan skema pemantauan dan pengendalian nonstop selama libur lebaran. Petugas PGN ikut berperan menjalankan Posko ESDM yang dilaksanakan 21 Mei-19 Juni 2019.

Selain itu PGN pun membagi penugasan khusus untuk pengendalian infrastruktur gas dan niaga di tiga wilayah. Sehingga semua area operasi yang berjumlah 18, tetap ada petugas yang memantaunya.

Di sisi lain, guna meningkatkan sisi keamanan, PGN melancarkan program edukasi gas kepada pelanggan. Edukasi itu bertujuan agar konsumen memahami cara pencegahan terjadinya kecelakaan akibat gas selama mengosongkan rumah dalam rangka libur lebaran.

PGN menyebarkan materi edukasi melalui pesan singkat, serta surat edaran. “Tak hanya itu, kontak center PGN di nomor telepon 1500645 yang bisa dihubungi 24 jam, serta sosialisasi juga dilakukan melalui sosial media seperti facebook, instagram maupun youtube,” kata dia.

Rachmat mengatakan dari perkiraan internal, selama musim libur lebaran penggunaan gas PGN cenderung mengalami penurunan.

“Penggunaan gas akan menurun dari segmen industri dan komersial yang mencapai 10-25 persen. Sedangkan untuk konsumen rumah tangga, terbilang normal,” ungkapnya.


Secara total PGN menyalurkan sebesar 841,85 Billion British Thermal Unit per Day (BBTUD). Volume tersebut menjangkau pelayanan untuk 229.329 pelanggan. Dari volume total itu, per bulan PGN mendistribusikan sekitar 2,92 juta meter kubik gas kepada pelanggan rumah tangga.

Mungkin Anda juga menyukai