Peringatan Malam Turunnya Al-Quran Berhias Lampu Colok

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Batam Yusfa Hendri.

Media Center Batam – Peringatan Malam Nuzulul Quran 1440 H tingkat Kota Batam akan dilaksanakan di salah satu kampung tua, yakni Tanjungsengkuang. Dan untuk melengkapi suasana perkampungan di bulan Ramadan, masyarakat Kecamatan Batuampar akan memasang lampu colok di sepanjang jalan. Lampu minyak ini akan dipasang mulai dari simpang Mako Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) sampai ke lokasi acara.

“Ini bentuk partisipasi masyarakat. Sepanjang jalan dari Simpang Lanal sampai ke lokasi acara akan dihiasi lampu colok. Karena diadakan di salah satu kampung tua, jadi nuansa kampungnya juga akan coba kita hidupkan. Dan akan menjadi daya tarik bagi yang datang,” tutur Ketua Panitia, Yusfa Hendri, Rabu (15/5).

Adapun peringatan turunnya kitab suci umat islam ini akan digelar di Masjid Darul Ikhsan pada malam 17 Ramadan atau bertepatan dengan Selasa (21/5).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Batam ini mengatakan Pemerintah Kota Batam sengaja memilih lokasi yang berada di pemukiman masyarakat. Karena pemerintah ingin mengupayakan agar kegiatan-kegiatan keagamaan seperti ini didekatkan dengan masyarakat secara langsung.

“Dan Tanjungsengkuang ini kan salah satu perkampungan tua di Kota Batam,” tuturnya.

Yusfa menjelaskan kegiatan ini akan diawali dengan buka bersama. Jajaran Pemerintah Kota Batam mengundang masyarakat untuk hadir dan bersilaturahmi dalam acara keagamaan ini.

“Buka bersama juga akan diikuti 1.000 anak yatim,” ujarnya.

Usai buka puasa, kegiatan dilanjutkan dengan salat magrib, salat isya, hingga tarawih berjemaah. Setelah itu masuk ke acara inti, peringatan Nuzulul Quran.

Pada malam peringatan Nuzulul Quran ini, Pemko Batam mengundang Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Dr. H Eka Putra Wirman, Lc, MA sebagai penceramah.

Selain itu juga menghadirkan Wafiq Azizah, penyanyi lagu religi dan selawat nabi. Juara I Lomba MTQ Tingkat Asean ini akan menyemarakkan pelaksanaan malam peringatan Nuzulul Quran 1440 H Tingkat Kota Batam.

Mungkin Anda juga menyukai