Titik Penjemputan Taksi Online Disepakati
Media Center Batam – Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendi mengatakan telah ada kesepakatan antara pengemudi taksi konvensional dan berbasis aplikasi (online) terkait titik penjemputan. Menurutnya ada 41 lokasi yang boleh didatangi taksi online untuk menjemput penumpangnya. Kesepakatan ini didapat dalam pertemuan di Kantor Dishub, Sabtu (25/1) lalu.
“Pada pertemuan kemarin dibahas titik-titiknya. Dari 47 titik, baru 41 yang telah disepakati. Enam lainnya akan dibicarakan lagi,” kata Rustam, Selasa (29/1).
Titik yang belum disepakati antara lain pelabuhan Telagapunggur dan KTM Resort Sekupang. Akan ada pertemuan lanjutan untuk membahas keenam titik tersebut.
Menurutnya penentuan titik ini bukan atas kebijakan pemerintah. Tapi kesepakatan bersama antara kedua pihak yang selama ini sering berbenturan di lapangan.
“Untuk menjaga situasi Batam kondusif, mereka buat kesepakatan bersama. Kami yang fasilitasi supaya tak ada lagi dengar taksi online ditangkap, dan lain sebagainya,” kata dia.
Meski belum diberlakukan, ia berharap masyarakat mulai memahami tentang lokasi penjemputan taksi online ini. Agar tidak kembali timbul masalah di kemudian hari.
Adapun titik yang telah disepakati yakni Taman Kolam dan Pelabuhan Logistik untuk penjemputan penumpang dari Pelabuhan Internasional, Pelabuhan Domestik, serta Pelabuhan Pancung Sekupang. Kemudian penumpang dari Pelabuhan Feri Internasional dan Mega Mall Batam Centre bisa dijemput di Mal Pelayanan Publik, Lampu Merah Bank BTN, serta Kantor Pos Batam Centre.
Penumpang di Pelabuhan Harbour Bay bisa dijemput taksi online di Simpang Pantai Stres Batuampar. Sementara titik jemput Bandara Hang Nadim adalah gerbang bandara dekat simpang lampu merah. Dan bagi penumpang yang memesan taksi online dari Marina Water Front Sekupang, harus berjalan ke jalan raya.
Titik selanjutnya adalah Indomaret Sekolah Permata untuk penumpang dari RS Awal Bros. Kemudian Alfamart/lobby dan Hotel Seruni untuk RS Harapan Bunda.
Pengunjung mal juga harus sedikit berjalan ke luar kawasan pusat perbelanjaan jika ingin naik taksi online. Seperti di DC Mall, hanya bisa dijemput di Hotel Pagoda dan In Food Court. Sementara titik jemput BCS Mall ada di Indomaret, JNE, Simpang Kantor Lurah, SPBU, dan Halte.
Kepri Mall titik jemputnya di Central Sukajadi dan Halte Batuaji. Top 100 Tembesi titik jemput di pintu 5. Nagoya Hill dan hotelnya mendapat titik jemput di Dregano, Alfamart, dan Simpang Lampu Merah.
Sedang titik jemput untuk hotel adalah sebagai berikut:
– Golden Gate Hotel
Titik jemput di Utama Foodcourt dan jalan raya.
– Hotel Travelodge
Titik jemput di lobby
– BCC Hotel
Titik jemput di Jalan Raya Sushi Tei.
– I Hotel
Titik jemput di Simpang Pos Polisi.
– Hotel BCC, Debest Penuin Hotel
Titik jemput di Simpang Jembatan Blok 4, Indomaret depan BCH.
– New Hotel
Titik jemput di jembatan setelah pos, Alfamart/lobby.
– Gajah Mada
Titik jemput di Alfamart.
– Ramayana Hotel
Titik jemput di lobby
– City Hotel
Titik jemput di lobby
– Hotel 89
Titik jemput di sebelah Vanilla dan lobby
– Grand View 99
Titik jemput di Show Room dan lobby.
– Asrama Haji dan PIH
Titik jemput di WTB dan Polsek Batam Kota.
– Hotel Kireinn
Titik jemput di Pasar Tanjung Pantun dan Pasar Jodoh.
– Best Western Panbil
Titik jemput di lobby
– Barelang Hotel
Titik jemput di Kampung Bule.
– Da vienna Hotel
Titik jemput di lobby.
– Golden View Hotel
Titik jemput di lobby
– Woda Spa
Titik jemput di lobby
– Golden Prawn Restuarant
Titik jemput di lobby
– Golden Bay Hotel
Titik jemput di lobby
– The Hill Hotel
Titik jemput di Indothai dan lobby
– Grand I Hotel
Titik jemput di depan jalan dan lobby
– Aston Hotel
Titik jemput di depan jalan dan lobby
– Sahid Hotel
Titik jemput di Chemistree dan lobby
– Lovina Inn Penuin
Titik jemput di Alfamart dan Sari Bungo
– Lovina Inn Nagoya
Titik jemput di Simpang City Poin
– Lovina Inn Batam Center
Titik jemput di Indomaret dan jalan raya sebelah GAS