Pemko Tambah Kuota Kader Posyandu

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam, Hasyimah

Media Center Batam – Pemerintah Kota Batam menambah kuota kader Posyandu yang menerima insentif dari 3.185 orang menjadi 3.507 orang pada 2019 mendatang. Penambahan kader ini sejalan dengan bertambahnya jumlah Posyandu dari 455 di tahun 2017 menjadi 501 Posyandu di tahun 2018.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam, Hasyimah mengatakan satu Posyandu terdiri dari tujuh orang kader.

“Untuk kader desa siaga tiap kelurahan ada dua kader dan jumlah kader desa siaga 128 orang,” sebut Hasyimah dalam acara Silahturahmi Walikota dan Wakil Walikota Batam bersama Kader Posyandu dan Kader Kelurahan Siaga di Bapelkes, Rabu (14/12).

Besar insentif yang diterima oleh kader Posyandu maupun kader desa siaga Rp 200 ribu setiap bulannya. Hasyimah mengatakan untuk pencairan insentif ini dilakukan setiap bulan dengan cara transfer.

“Ini bulan terakhir pencairan, nanti 2019 akan kita salurkan lagi,” ujarnya.

Harapannya melalui silahturahmi ini dapat memotivasi para kader demi terwujudnya masyarakat sehat sejahtera.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengajak kader Posyandu untuk menyelamatkan anak-anak mulai dari proses kehamilan sampai seribu hari. Dengan begitu maka kader Posyandu telah menyelamatkan generasi muda 20-30 tahun akan datang.

“Jika ini ibu-ibu lakukan maka anak-anak Batam akan mampu bersaing dengan Negara luar. Ayo ibu-ibu berkerja dengan ikhlas dan berbuat kebaikan untuk kepentingan orang lain,” sebutnya didampingi Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad.

Terkait insentif, Rudi mengatakan bahwa kader Posyandu yang belum terakomodir di tahun 2018 maka tahun 2019 akan diberikan insentif. Harapannya pendapatan asli daerah (PAD) terus bertambah sehingga Pemko Batam bisa meningkatkan insentif untuk kader Posyandu.

“Pemko Batam saat ini sedang membangun buk, jadi semuanya harus dikover melalui APBD sebesar Rp2,5 triliun. Kita sedang mengembangkan Batam sebagai kota wisata, jika banyak orang yang datang ke Batam dan PAD meningkat maka insentif ibu-ibu bisa kita naikkan,” ucapnya.

 Kepada seluruh kader Posyandu dan kader desa siaga Rudi berpesan agar mendukung pembangunan di Kota Batam sehingga pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Batam sempurna. Silahturahmi dihadiri camat dan lurah Kecamatan Sagulung dan Sekupang.(HP)

Mungkin Anda juga menyukai