Pesta Rakyat Kampung Tua Hadirkan Penyanyi Legendaris Melayu

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata

Media Center Batam – Masyarakat Nongsa akan menggelar Pesta Rakyat Kampung Tua. Festival kampung tua ini rencananya dilaksanakan di Tanjung Mak Dara Kampung Melayu, Kelurahan Batu Besar, pada Sabtu (22/12) mendatang.

Ketua Panitia Agustiar Abbas mengatakan meski acara digelar di Nongsa, festival ini juga akan diikuti kampung tua di kecamatan lain Kota Batam.

“Dari pesisir Bulang, Galang, juga akan ikut,” kata Agustiar, Selasa (4/12).

Kegiatan ini diadakan bersempena dengan Hari Jadi Batam ke-189. Pesta rakyat ini akan dimeriahkan berbagai permainan rakyat seperti DAM, jong, gasing, engke-engke, congkak, injit-injit semut, dan sebagainya. Juga diadakan lomba mewarnai untuk anak-anak TK, lomba pagelaran busana, dan pertunjukan silat.

“Acara ini juga akan dimeriahkan artis legenda pop tahun 60-an dari Malaysia, A Rahman Onn dan Dato Jeffrydin yang akan membawakan lagu-lagu melayu bertajuk memori rindu mengusik kalbu,” tuturnya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata menyambut baik acara yang ditaja Perkumpulan MC Melayu dan Penggiat Seni Melayu ini. Karena selain untuk melestarikan budaya melayu, kegiatan ini juga dapat menarik wisatawan mancanegara.

“Kami sambut baik kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Kegiatan seperti ini dapat menjadi agenda pariwisata. Apalagi Nongsa punya sejarah dengan Singapura, Malaysia, jadi secara kekeluargaan pun wisatawan asing akan datang. Dua penyanyi pop yang akan hadir juga sudah lama tak tampil, pasti menjadi magnet tersendiri,” sebutnya.

Ia berharap festival kampung tua ini bisa menjadi agenda rutin tahunan dengan jadwal tetap. Sehingga bisa dipromosikan melalui agen perjalanan wisata ke negeri tetangga.

Pemerintah, kata Ardi, juga akan mengembangkan wisata bernuansa lokal di Nongsa. Rumah warga akan disulap menjadi homestay yang nyaman. Dan masyarakat pun akan dilatih untuk memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *