Pemko Ajukan Tambahan 19 Bus Tahun Depan

Media Center Batam – Pemerintah Kota Batam akan meminta tambahan 19 unit bus ke Kementerian Perhubungan. Bus tambahan ini dibutuhkan untuk peningkatan pelayanan transportasi massa di Kota Batam.

“Kami mau ajukan 19 unit lagi,” kata Walikota Batam, Muhammad Rudi di sela-sela rapat koordinasi Peningkatan Pelayanan dan Sinkronisasi Program Pembangunan Transportasi Darat di Hotel Aston, Jumat (23/11).

Tahun ini, kata Rudi, Kementerian berikan 10 unit bus untuk Batam. Bus dijadwalkan tiba di Batam pada awal Desember mendatang. Armada baru ini berukuran sedang, dengan kapasitas 25-30 penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Effendi mengatakan bus baru ini akan mulai dioperasikan Januari 2019 mendatang. Dan akan difungsikan untuk armada Trans Batam.

“Selain menambah juga untuk peremajaan. Karena ada beberapa armada yang sudah harus diganti,” ujarnya.

Di Batam, kini terdapat 72 unit bus yang melayani beberapa rute. Di antaranya Nongsa-Jodoh, Nongsa-Punggur, Tembesi-Galang, Sekupang-Batam Centre, Tanjunguncang-Batam Centre, Sekupang-Jodoh, Sagulung-Sekupang, Jodoh-Batam Centre, Tanjung Piayu-Batam Centre, Nongsa-Batam Centre, dan Punggur-Jodoh.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menilai pengelolaan dan pemanfaatan Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Batam cukup baik. Pemerintah Kota Batam melalui UPT Trans Batam dinilai mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Karena itu Kementerian Perhubungan akan menambah bantuan bus untuk tahun depan, meski belum dipastikan jumlahnya.

Mungkin Anda juga menyukai