204 Peserta SKD Pemko Batam Lolos Passing Grade

Media Center Batam – Sebanyak 204 peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Batam lulus ambang batas nilai (passing grade). Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin mengatakan angka ini cukup tinggi karena lebih dari 4 persen total peserta.

“Kalau daerah lain itu menurut informasi BKN hanya 1 koma yang lulus,” kata Jefridin di UPT BKN Batam, Sabtu (16/11).

Ia mengatakan dari 5.401 peserta lolos administrasi, ada 327 orang yang tak mengikuti SKD.

“Yang ikut tes 5.074 orang. Lulus passing grade 204 orang, tak lulus 4.870 peserta,” 

Nilai tertinggi diperoleh Rahmi Putri dengan poin 399. Sedangkan terendah yang lolos passing grade 300 poin.

Sementara untuk formasi cumlaude guru Bahasa Inggris peserta lolos passing grade yakni 324 atas nama Mega Dwi Septyowati.

“Alhamdulillah ada yang lulus. Anak Batam ini. Guru IPA juga sudah ada yang lolos, Yahdi dengan 376 poin,” tuturnya.

Formasi guru kelas, guru matematika, penelaah mutu konstruksi juga sudah ada yang lolos passing grade. Adapun total formasi yang didapat Pemko Batam tahun ini adalah 363 CPNS.

Dua di antaranya merupakan formasi khusus bagi disabilitas. Namun hanya satu yang mendaftar untuk formasi ini.

“Dan satu yang daftar ini, alhamdulillah lulus passing grade SKD,” kata dia.

Jefridin mengatakan Pemko Batam berharap ada kebijakan dari panitia seleksi nasional terkait minimnya peserta lolos SKD. Karena secara angka sudah dipastikan ada formasi tak terisi.

“Kita minta kebijakan bagaimana supaya formasi ini bisa terpenuhi. Karena kita sangat membutuhkan tenaga ini. Kita akan surati dengan rinciannya. Formasi ini segini yang lulus. Mana yang tidak ada sama sekali,” sebutnya.

Kepala UPT BKN Batam, Andri Febrian mengatakan tahapan selanjutnya pasca-SKD ini adalah seleksi kompetensi bidang. Jika merujuk jadwal sebelumnya, SKB digelar pada 22-28 November mendatang.

“Untuk Pemko Batam tetap di UPT Batam. Untuk daerah lain akan disatukan di Tanjungpinang. Kita cari tempat yang pas. Sistemnya masih dengan computer assissted test (CAT),” kata Andri.

Mungkin Anda juga menyukai