Remaja Batam Suarakan Aspirasi ke Walikota

Media Center Batam – Remaja Batam menyuarakan aspirasinya ke pemerintah. Deklarasi suara remaja dan pemuda ini disampaikan langsung ke Walikota Batam dalam acara Pelantikan Pengurus Forum Informasi Remaja (FIR) di Kantor Walikota Batam, Sabtu (10/11).

Isi deklarasinya antara lain menolak segala bentuk informasi bohong yang timbulkan kebencian, permusuhan. Kemudian menyatakan dukungan kepada Pemko Batam untuk lebih serius perhatikan pendidikan di daerah yang masih tertinggal.

“Kami memohon Pemko Batam memberantas kejahatan eksploitasi dan penculikan anak yang semakin merajalela melalui penegasan terhadap Komisi Perlindungan Ibu dan Anak,” tutur perwakilan remaja.

Hal lain yang disampaikan terkait transportasi umum, pungutan liar di dunia pendidikan, penyalahgunaan narkotika, LGBT, perundungan atau bullying, dan sebagainya.

Suara remaja dan pemuda Batam ini disambut baik Walikota Batam, Muhammad Rudi. Ia menyampaikan terima kasih kepada para remaja yang telah sudi bergabung dalam organisasi FIR.

“Informasi bisa bawa kita ke positif dan negatif. Tergantung keyakinan kita yang beragama. Kalau ada yang kita paham maka tidak akan negatif. Kalau setengah-setengah atau tidak tahu maka ke negatif. Mudah-mudahan dengan adanya FIR, Batam tidak demikian,” kata Rudi.

Ia mengatakan isi dari surat pernyataan atau deklarasi remaja tadi sudah pemerintah laksanakan. Seperti transportasi, tiap tahun ada penambahan bus dari pemerintah pusat untuk Kota Batam. Kemudian mengenai pungutan di sekolah, sudah dicegah dengan penandatanganan pakta integritas kepala sekolah setelah pelantikan.

Rudi menilai keberadaan FIR ini baik. Sebagai wadah pembinaan bagi remaja agar bergerak menuju hal positif.

“Remaja perlu kita dudukkan pada porsi sebenarnya. Mereka baru berkembang. Kalau tidak dibina akan jadi masalah. FIR adalah wadah mereka untuk mengarahkan potensi. Kita berharap bisa membawa mereka ke hal positif. Kalau boleh nanti sampai tingkat kecamatan ada, sehingga semua dapat berkembang,” ujarnya.

Acara ini sekaligus pelantikan pengurus FIR Batam 2018-2021. Ketua FIR Batam Selly menyampaikan terima kasih kepada Walikota Batam dan jajarannya yang sudah sangat mendukung remaja dan pemuda Kota Batam.

Mungkin Anda juga menyukai