Spirit Kebangsaan Bisa Kalahkan Ekstrimisme

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad membaca Ikrar Kesaktian Pancasila

Media Center Batam – Spirit kebangsaan yang terbangun di masyarakat diyakini dapat mengalahkan gerakan ekstrimisme. Hal ini disampaikan Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad usai menjadi inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri Batam Centre, Senin (1/10).

“Spirit kebangsaan itu yang ingin didistribusikan secara luas ke publik. NKRI, Bhinneka Tunggal Ika sudah final karena mengakomodir semua. Spirit keagamaan, demokrasi, keadilan sosial, semua ada di dalamnya. Jadi sudah tuntas. Artinya ketika ada upaya untuk merongrong, selalu dapat terselesaikan,” kata Amsakar.

Selain itu, Amsakar juga mengajak masyarakat Batam untuk menumbuhkan spirit kebersamaan. Usai upacara, ia meminta seluruh satuan atau kelompok masyarakat untuk mengumpulkan bantuan bagi korban bencana di Palu, Donggala, dan wilayah Sulawesi Tengah lainnya.

“Bantuan bisa dikoordinir per kelompok dan disalurkan melalui Pemerintah Kota Batam. Dari Batam untuk Palu,” kata dia.

Pada upacara Hari Kesaktian Pancasila ini, Amsakar bersama seluruh peserta membaca Ikrar Kesaktian Pancasila. Ikrarnya berbunyi:

IKRAR

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara;

bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jakarta, 1 Oktober 2018

Atas Nama Bangsa Indonesia

Ketua DPR RI,

H Bambang Soesatyo, S.E, M.B.A

Mungkin Anda juga menyukai