Pembangunan PLUT Ditargetkan Rampung November

Media Center Batam – Progres pengerjaan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT-KUMKM) sudah hampir 40 persen. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Suleman Nababan mengatakan pembangunan ditargetkan selesai pada November mendatang.

“Sekarang sudah 30-40 persen. Kita targetkan pembangunan PLUT ini November rampung,” kata Suleman di Batam Centre, Sabtu (29/9).

Gedung PLUT ini berlokasi di kawasan Golden Land Bengkong. Lahan pembangunan seluas 5.000 meter persegi merupakan hibah dari pengusaha.

Bangunan berdiri dua lantai. Anggaran pembangunan berasal dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

“Untuk pembangunan PLUT ini kita mendapat kucuran anggaran dari pusat, Rp 2,6 miliar. Selain untuk gedung, dana tersebut termasuk biaya konsultan dan lainnya. Semua anggaran dari pusat,” kata dia.

Gedung PLUT ini akan dimanfaatkan untuk galeri promosi produk hasil KUMKM Batam. Karena selama ini pemasaran merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi usaha mikro kecil. Selain itu nantinya ada pelatihan, konsultasi bisnis hingga pendampingan.

“Persoalan mereka selama ini, produk ada, tapi ada tempat pemasaran. Kalau mau masuk mall, syaratnya macam-macam. Makanya disini ada konsultan bisnisnya, manajemen usahanya, latihan cara packing yang bagus dana menarik, dan mempromosikannya,” katanya.

PLUT ini juga memfasilitasi akses dana bergulir dan perbankan. Sehingga pelayanan menjadi satu pintu. Fasilitas lainnya yaitu perpustakaan yang bisa digunakan pengusaha mikro untuk membaca buku terkait usaha.

Mungkin Anda juga menyukai