2,5 Ton Sampah Terkumpul di World Clean Up Day Batam

Media Center Batam – Sebanyak 2,5 ton sampah terkumpul dalam kegiatan World Clean Up Day (WCD) 2018 Kota Batam, Sabtu (15/9). Ketua panitia, Surya Irma mengatakan kegiatan WCD Batam digelar di beberapa titik. Namun ada dua lokasi yang menjadi pusat, yakni Dataran Engku Putri dan Kawasan Sincom Batam Centre.

“Total 1.201,5 kg yang berhasil dikumpulkan di alun-alun (Engku Putri). Dan di PT Phillips (Sincom), 1.320 kg,” kata Irma di Dataran Engku Putri.

Kegiatan WCD 2018 Kota Batam ini diikuti unsur masyarakat, pelajar, hingga komunitas. Selain itu juga didukung oleh Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Kepala DLH Batam, Herman Rozie mengatakan pemerintah sangat mendukung dan apresiasi acara seperti ini. Terutama kegiatan yang bersifat gerakan sosial dari masyarakat.

“Tak hanya di Batam Centre, kegiatan seperti ini juga dilaksanakan di beberapa titik. Seperti Sekupang, Batuaji, ada enam titik lokasi kita laksanakan gotog royong khususnya pemungutan sampah,” kata Herman.

Menurutnya dinas bersama kecamatan dan kelurahan serta masyarakat juga sudah rutin melaksanakan agenda gotong royong. Hanya nama dan momennya yang berbeda-beda. Ada yang dilaksanakan di Hari Bumi, Hari Peduli Sampah, dan peringatan lainnya.

Melalui gerakan-gerakan seperti ini ia berharap dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup. Dan kembali sadar terhadap bahaya sampah khususnya plastik yang sulit didaur ulang.

“Kalau tidak ada rasa kepedulian, bumi ini mau jadi apa, Batam mau jadi apa. Maka kami mengajak pedulilah pada sampah. Jangan hanya berpikir untuk hari ini tapi juga masa depan, untuk 10-20 tahun mendatang,” kata mantan Camat Lubukbaja ini.

Mungkin Anda juga menyukai