Sopir Teladan Selalu Ingatkan Penumpang Pakai Seat Belt

Media Center Batam – Dua pengemudi angkutan umum di Kota Batam siap bertarung dengan 66 pengemudi lain dari seluruh Indonesia. Para pengemudi angkutan umum ini akan memperebutkan gelar Abdi Yasa Teladan 2018.

Adapun dua sopir Batam yang akan wakili Provinsi Kepulauan Riau di tingkat nasional yaitu Chaerul Arif dan Wahyudi. Chaerul Arif yang merupakan awak angkutan umum Blue Bird berhasil meraih juara I di tingkat provinsi. Sementara Wahyudi, pengemudi bus Damri Batam, di posisi kedua.

“Kemarin tesnya itu dua hari. Hari pertama materi. Setiap selesai satu materi, tes. Kemudian di hari kedua praktik mengemudi, mulai dari persiapan kita tunjukkan,” kata Chaerul, di Dataran Engku Putri Batam Centre, Senin (17/9).

Materi yang diujikan antara lain mengenai lalu lintas angkutan jalan raya, kemudian terkait asuransi penumpang, dan undang-undang lalu lintas. Narasumbernya berasal dari Dinas Perhubungan Kepri, Jasa Raharja, dan Direktorat Lalu Lintas Polda Kepri.

Menurut Chaerul, satu poin lebih yang bisa ia berikan adalah selalu mengingatkan penumpang untuk kenakan alat keselamatan. Misalnya mengingatkan penumpang agar mengenakan sabuk pengaman (seat belt) tiap naik kendaraan.

“Kita ingatkan penumpang untuk dipakai seat belt-nya sebelum kendaraan jalan. Itu wajib kita sampaikan kepada penumpang. Karena di sini kita dituntut sebagai pelopor keselamatan berlalulintas. Kita juga sosialisasikan ke kawan-kawan lain,” ujarnya.

Sementara itu, Wahyudi mengaku perlu persiapan mental untuk ujian tingkat nasional nanti. Selain jumlah saingan lebih banyak, tentu persaingannya juga lebih ketat.

“Di Provinsi kita diseleksi dari 25 orang. Nanti di tingkat nasional, ada 68 orang, dua dari tiap provinsi. Yang paling utama itu siapkan mental, lalu persiapan materi kemarin lagi. Karena tentu kompetensinya juga sudah level nasional yang ada nanti,” kata dia.

Pada Upacara Hari Perhubungan Nasional 2018 Tingkat Kota Batam, dua awak kendaraan umum teladan ini menerima penghargaan dari Walikota Batam, Muhammad Rudi. Orang nomor satu di Kota Batam ini sekaligus memberi semangat kepada dua perwakilan Batam tersebut.

Rudi yang menjadi inspektur upacara, membacakan sambutan Menteri Perhubungan RI dalam amanahnya. Menteri Perhubungan berharap Hari Perhubungan Nasional dapat  menjadi wahana untuk meningkatkan prestasi serta memperkokoh rasa persatuan, persaudaraan, dan kekeluargaan segenap insan perhubungan di seluruh Indonesia.

“Semangat Harhubnas ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa korsa dan memberi semangat yang berarti bagi pembangunan transportasi di seluruh pelosok tanah air,” ujarnya.

Mungkin Anda juga menyukai