Rudi Lepas 587 Calon Jemaah Haji Batam

Walikota Batam, Muhammad Rudi melepas 587 calon jemaah haji Kota Batam untuk menunaikan ibadah haji pada 1439 H/2018 M. Pelepasan jemaah haji ditandai dengan tepuk tepung tawar di Aula PIH Batam Centre, Minggu (15/7).

Media Center Batam – Walikota Batam, Muhammad Rudi melepas 587 calon jemaah haji Kota Batam untuk menunaikan ibadah haji pada 1439 H/2018 M. Pelepasan jemaah haji ditandai dengan tepuk tepung tawar di Aula PIH Batam Centre, Minggu (15/7).

Rudi dalam pesannya meminta calon jemaah haji agar menjaga kesehatan dan fokus pada pelaksanaan ibadah. Keluarga yang ditinggal agar dititipkan ke tetangga dan pemerintah melalui aparat setempat.

“Kalau ada apa-apa hubungi kami. Kami akan menjaga keluarga dan rumah yang ditinggal. Bapak ibu fokus saja ke ibadah,” tuturnya.

Ia juga menitipkan jemaah lanjut usia kepada yang muda-muda. Jemaah yang lebih muda wajib mengutamakan yang tua. Baik di penginapan, makan, maupun transportasi.

“Kita satu keluarga yaitu keluarga jemaah haji Batam. Maka harus kompak. Jaga nama baik pribadi dan Kota Batam. Jangan takabur terhadap hal-hal kecil di tanah suci. Luruskan niat untuk ibadah dan memperoleh ridho Allah SWT,” kata Rudi.

Perwakilan calon jemaah haji, Anwar Ujang menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Batam atas acara pelepasan tersebut. Selain itu juga berterima kasih atas bantuan yang diberikan Pemko Batam kepada jemaah. Dan kepada sesama jemaah, ia mengajak untuk mendoakan pemimpin dan Kota Batam saat berada di tanah suci nanti. Agar Batam tetap aman, terus maju, hingga sejahtera masyarakatnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Erizal memaparkan calon jemaah haji tahun ini terdiri dari 260 laki-laki dan 327 perempuan. Berusia paling muda 31 tahun dan tertua 78 tahun.

“Sebanyak 27 calon jemaah haji mutasi keluar Batam dan tujuh jemaah mutasi masuk,” ujarnya.

Calon jemaah haji dari Kota Batam akan diberangkatkan dalam tiga kelompok terbang (kloter). Yakni 40 orang di kloter 1, 177 calon jemaah haji pada kloter 19, dan terakhir di kloter 27 sebanyak 370 jemaah. Kloter 1 berangkat 18 Juli, kloter 19 berangkat 6 Agustus, dan kloter 27 pada 14 Agustus mendatang.

“Dokumen haji sudah dikirim ke Kemenag dan visa haji juga sudah siap. Calon jemaah haji juga sudah melaksanakan manasik. Dua kali di tingkat kota dan delapan kali di tingkat kecamatan,” kata Erizal.

Mungkin Anda juga menyukai