Ibu-Ibu PKK Lomba Olah Ikan Bandeng

Media Center Batam – Dinas Perikanan Kota Batam bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Batam menyelenggarakan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri, Kamis (28/6). Tema yang diusung pada lomba tahun ini adalah “Ragam menu masakan ikan untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat”.

Kepala Dinas Perikanan Kota Batam, Husnaini mengatakan lomba ini merupakan upaya meningkatkan konsumsi ikan dengan cara mengembangkan jenis olahan makanan yang berbahan baku ikan.

“Berdasarkan data, tingkat konsumsi ikan masyarakat Kota Batam masih tergolong rendah yaitu 34 kg per kapita per tahun, sementara target nasional sebesar 47,12 kg per kapita per tahun,” ujarnya.

Dengan adanya lomba ini diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat dalam mengkonsumsi ikan. Tim Penggerak PKK Kelurahan hingga tingkat Kota Batam dapat menjadi mitra dalam mengampanyekan program ini.

Tahun ini, berdasarkan program dari Kementerian, menggunakan bahan baku Ikan Bandeng. Ikan air tawar ini dapat dikelola menjadi masakan yang bervariatif dan aneka ragam.

Kegiatan diikuti 12 tim, terdiri dari enam peserta setiap tim yang berasal dari 12 Kecamatan se-Kota Batam. Penilaian dilakukan oleh empat juri profesional yang berasal dari latar belakang profesi berbeda yaitu koki, ahli gizi, perwakilan TP PKK Kota Batam, dan perwakilan Dinas Perikanan Kota Batam. Lomba dibagi menjadi tiga kategori yaitu Kudapan, Menu Keluarga, dan Menu Balita.

“Kegiatan ini kita lakukan secara berkesinambungan dan berjenjang dimulai dari tingkat kecamatan, kota, provinsi dan nasional. Diharapkan masyarakat dapat mengkonsumsi ikan secukupnya,” kata dia.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi mengajak seluruh Ketua TP PKK Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Batam untuk mensosialisasikan program masakan serba ikan di wilayah mereka masing-masing. Sehingga kegiatan ini dapat benar-benar bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dan bagi pemenang, ia berharap dapat membagikan ilmunya kepada teman-teman lain.

“Sebagai masyarakat kepulauan banyak dari kita yang tidak mengenal ikan bandeng. Tapi saya yakin apabila dikelola, ikan ini dapat menjadi salah satu alternatif bahan baku bagi masyarakat Kota Batam. Jadi saya minta ibu-ibu untuk maksimalkan kemampuannya dan saya yakin Kota Batam dapat berpartisipasi hingga tingkat Nasional,” ujar Marlin.

Perwakilan Juri, Chef Adrian menyampaikan sistem penilaian mengacu pada nilai gizi yang terkandung dalam makanan, kreativitas/ inovasi, penyajian, citarasa, dan kebersihan.

Adapun pemenang lomba yaitu kategori Kudapan Juara I Kecamatan Batam Kota, Juara II Kecamatan Belakang Padang dan Juara III  Kecamatan Batu Aji. Untuk kategori Menu Keluarga yaitu Juara I Sungai Beduk, Juara II Belakang Padang dan Juara III Kecamatan Batu Aji. Untuk kategori Balita yaitu Juara I Belakang Padang, Juara II Kecamatan Batam Kota dan Juara III Kecamatan Sagulung.

Dengan demikian Kecamatan Belakang Padang menjadi Juara Umum pada tahun 2018 ini. Selain itu ada juara tambahan yakni Juara Favorit yang jatuh pada Kecamatan Batu Aji.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *