Rudi Ingin Seluruh Masjid Berpendingin Udara

Walikota Batam Muhammad Rudi

Media Center Batam – Walikota Batam, Muhammad Rudi ingin agar seluruh masjid di Kota Batam berpendingin udara (air conditioner/AC). Hal ini disampaikan Rudi dalam beberapa kali kesempatan Safari Ramadhan 1439 H.

“Ada seribu lebih masjid di Batam. Saya ingin semuanya nanti berpendingin udara. Supaya jemaah merasa nyaman,” kata Rudi di Masjid Al-Muttaqin Kavling Sagulung Sumber Sari Kecamatan Sagulung, Selasa (29/5).

Menurutnya ketika masih menjadi anggota DPRD Kota Batam, pernah diprogramkan bantuan AC untuk masjid. Tiap masjid mendapat satu unit AC dengan harapan masyarakat bisa menambahnya secara bertahap.

“Semoga nanti Masjid Al-Muttaqin ini juga bisa dipasang pendingin ruangan. Kalau niat kita untuk agama, Insya Allah ada saja jalannya,” kata dia.

Tak hanya masjid di perumahan, masjid besar milik Pemerintah Kota Batam juga akan dibuat senyaman mungkin. Rudi mengatakan Masjid Raya Batam Centre nantinya akan diganti nama menjadi Masjid Agung, sesuai ketentuan dari Kementerian Agama. Tahun depan masjid di pusat pemerintahan Kota Batam ini rencananya akan dipugar dan dipasang pendingin ruangan.

“Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, di Tanjunguncang, insya Allah April depan rampung. Masjid ini menampung 25.000 jemaah indoor dan outdoor. Masyarakat bisa mengadakan acara di bagian outdoor. Bagian indoor hanya bisa digunakan untuk shalat. Dan akan kita buat senyaman mungkin,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut pengurus Masjid Al-Muttaqin juga menyampaikan beberapa permintaan sebagai perwakilan masyarakat setempat. Ketua Masjid, Halim mengatakan masjid ini sudah dua kali pemugaran sejak dibangun 1997 dan dalam waktu dekat akan dibangun kembali.

“Seandainya bisa dibantu Rp 150 juta, selebihnya sumbangan masyarakat. Dan seandainya bisa dibantu OPD Pemko Batam, bisa dibuat paving block atau semeninsasi di halaman masjid kami sehingga kami bisa shalat idul fitri di sini,” kata Halim.

Terkait permintaan semenisasi halaman masjid, bisa dilakukan, tapi tidak mungkin terkejar untuk shalat ied. Untuk pembangunan Masjid Al-Muttaqin, tahun ini Pemko Batam berikan bantuan sebesar Rp 75 juta.

Usai buka puasa bersama di Masjid Al-Muttaqin, Safari Ramadhan Walikota dilanjutkan dengan shalat tarawih berjemaah di Masjid Babussalam Perumahan Aviari Garden. Tokoh masyarakat setempat, Imam Suhadi menyampaikan permintaan bantuan untuk pembangunan masjid sebesar Rp 350 juta. Dana ini akan digunakan untuk meninggikan plafon masjid serta membangun menara. Dan untuk masjid ini, bantuan yang diberikan sebesar Rp 100 juta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *