Rudi : Pelabuhan Sekanak Raya Memudahkan Akses Warga Hingga Wisatawan

Media Center Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi meresmikan penggunaan pelabuhan Sekanak Raya, Jumat (28/2). Pelabuhan ini terletak persis di sebelah Kantor Camat Belakangpadang.

Rudi berharap dengan adanya pelabuhan baru ini dapat mempermudah warga dari pulau-pulau sekitar untuk berbagai urusan di kantor camat.

“Kecamatan Belakangpadang ini sudah ada beberapa pelabuhan. Tapi letaknya di sebelah sana (Tanjungsari), di bagian selatan. Sedangkan di sebelah utara belum ada. Sementara banyak masyarakat tinggal di sekitar sini. Mereka butuh pelabuhan juga. Supaya tidak putar terlalu jauh. Bisa hemat minyak dan ongkos,” papar Rudi.

Menurutnya pelabuhan ini tak hanya untuk turun naik penumpang. Tapi juga bisa dimanfaatkan untuk angkutan barang. Sehingga ada aktivitas perdagangan juga di wilayah ini.

“Jadi multifungsi. Selain itu juga bisa untuk pintu masuk wisatawan. Karena dekat dengan Pulau Manis dan Pulau Nirup (kawasan wisata sanggraloka). Kalau boleh ada wisata lain juga di sini dengan adanya jembatan dan dermaga. Ini harus kreatif oleh masyarakat sendiri,” kata dia.

Pelabuhan beton ini dibangun dengan dana alokasi khusus (DAK) afirmasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi tahun 2019. Nilainya sebesar Rp2,793 miliar.

Panjang pelantar mencapai 96 meter dengan lebar 2,5 meter. Bagian dermaga memiliki luas 6×8 meter. Sementara ponton berukuran 5×8 meter.

“Atas dukungan masyarakat setempat, pelabuhan ini dapat selesai dalam waktu 6 bulan atau 180 hari kalender dengan baik dan lancar,” tutur Kepala Dinas Perhunungan Kota Batam, Rustam Efendi.

Sementara itu, Camat Belakangpadang Yudi Admajianto mewakili warganya menyampaikan terima kasih kepada Pemko Batam. Karena tetap memperhatikan pembangunan di pulau.

“Beberapa kegiatan besar sudah dilakukan di 2018. Di antaranya pembangunan Pelabuhan Sekanak Raya ini. Pelabuhan ini sudah diusulkan sejak 2013. Dulu ini adalah tebing. Lalu ada pengerukan DAM dari APBN, dan tanahnya ditimbun di sini. Barulah diusulkan pembuatan pelabuhan. Di antaranya untuk menyambut wisatawan,” terang Yudi.

Keberadaan pelabuhan ini menurutnya sangat dinantikan masyarakat. Karena berguna juga untuk anak-anak dari pulau sekitar yang hendak bersekolah di Belakangpadang. Misal dari Pulau Mercan, Sarang, dan sebagainya.

“Juga bermanfaat untuk transportasi barang dan masyarakat yang ingin ke Kantor Camat. Jadi tak harus ke Tanjungsari dulu lalu naik kendaraan lagi ke sini. Terima kasih kepada Pak Wali Kota dan Dinas Perhubungan yang sudah membangun pelabuhan di Sekanak Raya ini,” ujar mantan Kabag Humas Setdako Batam tersebut.

?????? ???? ???????? ??????? ??? ?????? ???? ??
??????? : https://www.mediacenter.batam.go.id
????? : ????????????????@?????.???
??????? : @???????
???????? : ??????????? ?????
???????? ??????? : ????? ?????? ?????????ℎ ???? ?????
????????? : ?????????????????????
??????? : ????? ?????? ?????

Mungkin Anda juga menyukai