𝐓𝐢𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐊𝐨𝐦𝐩𝐞𝐭𝐞𝐧𝐬𝐢 𝐝𝐚𝐧 𝐊𝐚𝐩𝐚𝐛𝐢𝐥𝐢𝐭𝐚𝐬 𝐀𝐒𝐍 𝐌𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐉𝐮𝐦𝐚𝐭 𝐋𝐢𝐭𝐞𝐫𝐚𝐬𝐢 𝐝𝐚𝐧 𝐄𝐝𝐮𝐤𝐚𝐬𝐢 (𝐉𝐞𝐬𝐢𝐤𝐚)

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦- Untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas ASN di lingkungan Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) mengikuti program Jumat Literasi Dan Edukasi (Jesika) di ruang Rapat BPKAD Kota Batam, Jumat (27/09/2024). Mendukung terlaksananya program ini, Sekretaris BPKAD Kota Batam, Ishak turut hadir.

Program Jesika merupakan inovasi dengan pembelajaran yang dilakukan secara daring atau klasikal. Sehingga meningkatkan kompetensi pegawai dan diharapkan pelayanan terhadap OPD akan lebih baik.

“Kegiatan ini dilakukan setiap dua minggu tiap bulannya dihari Jumat dan diikuti oleh ASN di lingkungan BPKAD Kota Batam. Seperti kegiatan Jesika pada siang ini bertemakan ” Penyusunan Anggaran Pemerintah Daerah Kota Batam”,” ujar Kepala BPKAD Kota Batam, Abdul Malik melalui Kasubag Umum dan Kepegawaian BPKAD Kota Batam, Teti Marni.

Ia menjelaskan ruang lingkup BPKAD Kota Batam terdiri dari Bidang Anggaran, Perbendaharaan, Aset, dan Akuntansi. Seperti pada program Jesika hari itu, menjelaskan bagaimana proses penyusunan anggaran.

Narasumber dari perwakilan Bidang Anggaran pada hari itu menjelaskan bagaimana alur penyusunan anggaran mulai dari tahap penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Darah (RKPD) hingga tahapan penetapan APBD Kota Batam.

“Bagaimana ke depannya ASN di lingkungan BPKAD dapat meningkatkan keterampilan teknis dan manajerial untuk mendorong efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah. Sehingga pegawai akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan baru,” ungkap wanita berhijab ini.

Diungkapkannya, Program Jesika merupakan rancangan aksi perubahan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan II Tahun 2024. Dengan adanya program Jesika ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.(*)

Mungkin Anda juga menyukai

DD