๐๐๐ง๐ข๐ง๐ ๐ค๐๐ญ๐๐ง ๐๐ฎ๐๐ฅ๐ข๐ญ๐๐ฌ ๐๐๐ ๐ฆ๐๐ฅ๐๐ฅ๐ฎ๐ข ๐๐ข๐ฆ๐ญ๐๐ค ๐๐๐ฅ๐๐ฒ๐๐ง๐๐ง ๐๐ซ๐ข๐ฆ๐, ๐๐๐๐ซ๐ข๐๐ข๐ง: ๐๐๐ ๐๐๐ซ๐ฎ๐ฌ ๐๐๐ฌ๐ฉ๐จ๐ง๐ฌ๐ข๐ ๐๐๐ง ๐๐ซ๐จ๐๐๐ฌ๐ข๐จ๐ง๐๐ฅ
๐๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐๐จ ๐๐๐ญ๐๐ฆ-Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan Bimbingan Teknis Pelayanan Prima atau Service Excellent yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Batam melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), di Hotel Santika Batam Centre, Rabu (12/2/2025). Dengan diikuti oleh 60 peserta dari ASN di lingkungan Pemerintah Kota Batam.
Jefridin menekankan bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi kebutuhan saat ini. Dinamika masyarakat yang terus berkembang mengharuskan sistem pelayanan yang cepat, responsif, dan profesional. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi ASN menjadi prioritas utama dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.
“Apresiasi dan terima kasih kepada BKPSDM atas terselenggaranya bimtek ini. Sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, dalam pasal 10 dan 11 disebutkan tiga tugas utama ASN, yaitu melaksanakan kebijakan publik, memberikan pelayanan publik, serta perekat persatuan dan kesatuan. Inilah yang harus kita aplikasikan,” ujarnya.
Bimbingan teknis ini bertujuan untuk membekali ASN dengan pemahaman dan keterampilan dalam menerapkan Pelayanan Prima, yang menekankan kepedulian terhadap pelayanan kepada masyarakat dan stakeholder. Dengan pendekatan ini, ASN diharapkan mampu menciptakan pengalaman pelayanan yang berkesan, profesional, serta berorientasi pada kepuasan masyarakat.
โKita harus mampu menghadirkan pelayanan yang baik, nyaman, dan sesuai harapan masyarakat, termasuk dalam menyediakan layanan komplain serta siap menerima kritik dan saran untuk perbaikan berkelanjutan,โ tambahnya.
Selaku narasumber dalam Bimtek Pelayanan Prima, Sarifudin, Motivator inspiratif tingkat nasional dari Pusat Diklat Nasional.
Jefridin berharap bimtek ini dapat menjadi bahan pembelajaran. Dengan meningkatkan kualitas pelayanan, ASN dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, memberikan solusi yang tepat, serta membangun sistem pelayanan yang cepat dan efisien.