𝐏𝐞𝐦𝐤𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 𝐀𝐩𝐫𝐞𝐬𝐢𝐚𝐬𝐢 𝐅𝐮𝐧 𝐑𝐮𝐧 𝐀𝐝𝐡𝐲𝐚𝐤𝐬𝐚 𝐈𝐤𝐚𝐥 𝐕𝐈, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧: 𝐓𝐢𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐒𝐩𝐨𝐫𝐭 𝐓𝐨𝐮𝐫𝐢𝐬𝐦 𝐝𝐚𝐧 𝐄𝐤𝐨𝐧𝐨𝐦𝐢 𝐋𝐨𝐤𝐚𝐥

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Pemerintah Kota Batam mengapresiasi suksesnya gelaran Fun Run Adhyaksa Ikal VI (Saudara Selamanya Festival) yang diadakan di Lapangan Parkir Harbour Bay Downtown, Minggu (06/10/2024).

Acara yang diinisiasi oleh Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) Angkatan ke-6 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) bekerja sama dengan Kejaksaan Agung, Kejaksaan Negeri Batam, dan Kejaksaan Tinggi Kepri, menjadi salah satu bentuk sport tourism yang menarik minat masyarakat lokal dan luar kota.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mengungkapkan apresiasinya terhadap antusiasme masyarakat Batam meskipun acara berlangsung di tengah hujan deras.

“Saya sangat mengapresiasi semangat para peserta yang tetap berlari meski dalam kondisi hujan. Ini menunjukkan bahwa Batam dapat menjadi tuan rumah bagi acara-acara besar seperti ini,” ujar Jefridin.

Acara Fun Run yang melombakan kategori 5K dan 10K ini berhasil menarik 5.423 peserta, dengan 3.867 peserta di kategori 5K dan 1.556 peserta di kategori 10K. Antusiasme peserta tidak hanya berasal dari Batam, tetapi juga dari berbagai kota di luar Batam.

Yang lebih menarik, acara ini terbuka untuk umum tanpa biaya pendaftaran, memberikan kesempatan lebih luas bagi masyarakat untuk berpartisipasi.

“Apresiasi event ini juga memberikan dampak ekonomi yang positif bagi Batam dengan menggandeng pelaku UMKM lokal dengan menyediakan 8.000 paket konsumsi yang dibeli langsung dari usaha kecil,” tambah Jefridin.

Acara ini diharapkan mendatangkan manfaat ekonomi, terutama dari kunjungan wisatawan luar kota yang akan meningkatkan aktivitas di sektor restoran dan perhotelan.

“Orang-orang yang datang dari luar kota pasti akan makan di restoran dan menginap di hotel, dan ini akan berkontribusi pada pendapatan pajak daerah,” jelasnya.

Jefridin berharap kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan untuk menciptakan peluang meningkatkan perekonomian lokal. Acara juga dimeriahkan oleh guest star dari Ibu kota dan doorprize.

Mungkin Anda juga menyukai

DD