๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐“๐ข๐ง๐ฃ๐š๐ฎ ๐‹๐š๐ง๐ ๐ฌ๐ฎ๐ง๐  ๐Œ๐š๐ฌ๐š๐ฅ๐š๐ก ๐๐š๐ง๐ฃ๐ข๐ซ ๐๐ข ๐๐ž๐ซ๐ฎ๐ฆ๐š๐ก๐š๐ง ๐ƒ๐ž๐ฏ๐ž๐ฅ๐ฒ ๐Š๐ž๐ฅ๐ฎ๐ซ๐š๐ก๐š๐ง ๐๐š๐ญ๐ฎ ๐๐ž๐ฌ๐š๐ซ

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ-Menindaklanjuti Nota Dinas dari Lurah Batu Besar mengenai laporan banjir di Perumahan Devely RW.22, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. melakukan peninjauan ke lapangan dan menerima langsung keluhan masyarakat, pada Selasa (20/8/2024).

Peninjauan ini bertujuan untuk menemukan solusi efektif terkait masalah drainase di kawasan tersebut, yang berada di Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa.

Dalam kunjungan tersebut, Sekretaris Daerah didampingi oleh Kepala Dinas CKTR, Azril Apriansyah, Kepala Dinas Perakimtan, Eryudhi, serta Kabid SDA DBMSDA, Wan Taufik. Observasi menunjukkan bahwa salah satu masalah utama adalah rendahnya elevasi yang menyebabkan sistem drainase yang ada tidak memadai.

Saat ini terdapat kebutuhan mendesak untuk memperdalam serta memperlebar saluran drainase guna mencegah meluapnya air ke perumahan warga. Sementara solusi jangka pendek termasuk normalisasi drainase secara manual, dengan perencanaan lebih lanjut untuk perbaikan yang lebih permanen yang akan diajukan dalam RKPD 2025.

โ€œMasalah ini membutuhkan perhatian segera. Kami akan fokus pada normalisasi drainase untuk mencegah meluapnya air ke perumahan warga, sementara solusi jangka panjang akan direncanakan dalam RKPD 2025,โ€ ujar Jefridin dalam peninjauan tersebut.

Normalisasi drainase akan dimulai pada Jumat, 23 Agustus 2024, dengan fokus pada area dengan elevasi rendah. Untuk mengatasi masalah di rumah-rumah dengan elevasi rendah.

โ€œKami mengajak pengembang untuk turut berkontribusi dalam menggali parit secara manual agar rumah-rumah warga tidak terdampak lebih lanjut,โ€ tambah Jefridin.

Langkah ini diharapkan dapat meringankan dampak banjir sementara menunggu solusi jangka panjang yang lebih terencana.

Mungkin Anda juga menyukai

DD