𝐆𝐞𝐥𝐚𝐫 𝐀𝐬𝐢𝐬𝐭𝐞𝐧𝐬𝐢 𝐈𝐦𝐩𝐥𝐞𝐦𝐞𝐧𝐭𝐚𝐬𝐢 𝐏𝐞𝐧𝐠𝐞𝐥𝐨𝐥𝐚𝐚𝐧 𝐊𝐞𝐮𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐁𝐋𝐔𝐃, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐀𝐣𝐚𝐤 𝐏𝐞𝐫𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭 𝐃𝐚𝐞𝐫𝐚𝐡 𝐓𝐢𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐥𝐚𝐲𝐚𝐧𝐚𝐧 𝐊𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐌𝐚𝐬𝐲𝐚𝐫𝐚𝐤𝐚𝐭

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦- Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka acara sosialisasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), Asistensi dan Implementasi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Planet Holiday Hotel & Residence, Rabu (10/07/2024). Selaku Koordinator TPKAD Kota Batam, Jefridin mengajak seluruh Perangkat Daerah pengelola BLUD di lingkungan Pemerintah Kota Batam untuk meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat.

“Atas nama Wali Kota Batam, Haji Muhammad Rudi, saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bagian Perekonomian Setdako Batam yang sudah menaja kegiatan ini. Ikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat memberikan layanan maksimal kepada masyarakat,” ujarnya mengawali sambutan.

Ia mengatakan saat ini sudah terdapat 21 Puskesmas sebagai BLUD di Kota Batam. Dalam hal ini, layanan kesehatan diberikan keleluasaan dalam konteks mengelola baik dari sisi sumber daya manusia (SDM) hingga penganggaran. Sehingga Puskesmas sebagai BLUD, diberikan kebebasan dalam meningkatkan pelayanannya ke masyarakat. Puskesmas akan mengelola sendiri keuangannya, tanpa memiliki ketergantungan ke Pemko dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih maksimal terhadap Masyarakat.

“BLUD dalam pengelolaannya disetiap Perangkat Daerah tidak sama. Dengan BLUD ini diharapkan pengelolaan keuangannya menjadi lebih fleksibel. Pengelolaan keuangannya pun berbeda dengan APBD, Kita harus menunggu dianggarkan untuk membeli peralatan medis. Pada pengelolaan BLUD, sepanjang uangnya ada silahkan dugunakan dengan catatan tidak untuk mencari keuntungan,” jelasnya.

Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini dapat menghilangkan kekakuan dalam pengelolaan BLUD di masing-masing unit kerja. Kepada narasumber Ia meminta agar dapat memberikan materi kepada peserta. Sehingga dapat memberikan solusi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Jika ada hal yang kurang dipahami tolong ditanyakan keada narasumber. Bagaimana pelayanan Kita keren, sehingga masyarakat merasa terlayani dengan baik dan nyaman saat berobat di Puskesmas. Ciptakan inovasi, layani orang dengan baik dan senyum,” pesannya.(*)

Mungkin Anda juga menyukai

DD