𝐉𝐚𝐝𝐢 𝐍𝐚𝐫𝐚𝐬𝐮𝐦𝐛𝐞𝐫 𝐓𝐚𝐥𝐤𝐬𝐡𝐨𝐰 𝐏𝐌𝐌 𝟒 𝐌𝐨𝐝𝐮𝐥 𝐍𝐮𝐬𝐚𝐧𝐭𝐚𝐫𝐚, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐂𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐓𝐞𝐧𝐭𝐚𝐧𝐠 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 𝐝𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐧𝐠𝐚𝐥𝐚𝐦𝐚𝐧 𝐇𝐢𝐝𝐮𝐩𝐧𝐲𝐚

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦- Menjadi narasumber diacara Talkshow Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 4 Modul Nusantara, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. berbagi pengalaman dihadapan seluruh mahasiswa yang mengikuti program ini. Talkshow bertema “Bermimpilah, Tidak Ada yang Tidak Mungkin” diselenggarakan Kampus Universitas Internasional Batam (UIB), Rabu (15/05/2024). Sebagai narasumber, Jefridin memaparkan kondisi geografis Batam dan juga perjalanan karirnya hingga berhasil menjadi Sekretaris Daerah Kota Batam.

“Batam merupakan miniatur Indonesia. Seluruh suku dan agama ada di sini, dengan jumlah penduduk sekitar 1,3 juta jiwa. Karena letaknya yang strategis, sehingga Batam dikembangkan sebagai daerah industri, jasa/perdagangan, alih kapal dan pariwisata,” jelas pria kelahiran Selatpanjang ini.

Ia juga memaparkan bahwa Batam dikembangkan sebagai kota Meeting, Incentive, Exhibition dan Convention (MICE). Dengan predikat kota MICE ini, banyak event tingkat nasional maupun internasional diselenggarakan di Batam. Bahkan di tahun 2023, jumlah kunjungan Wisatawan Mancanegara mencapai 1,2 juta jiwa. Dengan pertumbuhan ekonomi yang tumbuh melejit pada angka 7,04 persen pada tahun lalu.

“Pertumbuhan ekonomi Batam di atas pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri, 5,20 persen dan nasional yang hanya 5,05 persen,” tutur ayah dua anak ini.

Di bawah kepemimpinan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, pembangunan infrastruktur di Kota Batam terus digesa. Dengan tujuan untuk membuka akses orang datang ke Batam. Baik investor yang akan berinvestasi di Batam, maupun wisatawan mancanegara dan domestik ke Kota Batam.

“Pembangunan infrastruktur terlaksana secara merata. Wali Kota Batam membangun jalan utama, bandara dan pelabuhan. Bahkan Beliau memiliki program unggulan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan (PSPK). Melalui PSPK ini pembangunan infrastruktur di lingkungan masyarakat dilaksanakan,” jelasnya.

Bicara pengalaman hidup, Jefridin menceritakan karirnya diawali dari seorang guru. Sebagai PNS, Jefridin mengajar di SMP Negeri 1 Batam Belakangpadang. Karirnya terus berjalan hingga dipercaya oleh pimpinan menjadi Sekretaris Daerah Kota Batam. Sebelumnya pernah menduduki sejumlah jabatan struktural, lurah hingga kepala dinas.

“Saya tidak pernah bermimpi menjadi Sekda tapi mimpi Saya adalah menjadi orang yang berguna dan bermanfaat bagi orang banyak. Teruslah kalian kejar mimpi untuk meraih cita-cita. Yakinlah dengan kemauan, usaha dan kerja keras apa yang menjadi mimpi akan terwujud,” katanya menyemangati.

Acara Talkshow PMM 4 Modul Nusantara diakhiri dengan sesi tanya jawab. Para mahasiswa menanyakan tentang kiat-kiat menjadi orang sukses hingga pertanyaan seputar persoalan pendidikan di Kota Batam. Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor UIB, Dr. Hepy Hefry Aryanto, Kepala Pusat MBKM UIB, Desti, Dosen PMM UIB, Emiliya dan Mariska.(*)

Mungkin Anda juga menyukai