𝐏𝐢𝐦𝐩𝐢𝐧 𝐒𝐚𝐟𝐚𝐫𝐢 𝐑𝐚𝐦𝐚𝐝𝐡𝐚𝐧 𝐃𝐢 𝐌𝐚𝐬𝐣𝐢𝐝 𝐀𝐥 𝐀’𝐫𝐚𝐟, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐏𝐚𝐩𝐚𝐫𝐤𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐦𝐛𝐚𝐧𝐠𝐮𝐧𝐚𝐧 𝐈𝐧𝐟𝐫𝐚𝐬𝐭𝐫𝐮𝐤𝐭𝐮𝐫 𝐁𝐞𝐫𝐭𝐮𝐣𝐮𝐚𝐧 𝐌𝐞𝐦𝐛𝐮𝐤𝐚 𝐀𝐤𝐬𝐞𝐬 𝐎𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐃𝐚𝐭𝐚𝐧𝐠 𝐊𝐞 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦- Di malam ke-23 Ramadhan 1445 Hijriah atau bertepatan dengan Selasa (2/04/2024) tim Safari Ramadhan Pemerintah Kota (Pemko) Batam yang dipimpin Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. melaksanakan Salat Isya dan Tarawih berjamaah di Masjid Al A’raf Perumahan Villa Alam Lestari 2 Kelurahan Tiban Baru Kecamatan Sekupang. Dijelaskannya, pembangunan infrastruktur di Kota Batam ini bertujuan untuk membuka akses orang datang ke Batam.

“Batam ini berbeda dengan daerah lainnya, tidak memiliki hasil bumi melainkan mengandalkan letaknya yang strategis. Karena Batam berbatasan langsung dengan Singapura maka Batam dikembangkan sebagai daerah industri, alih kapal, jasa/perdagangan dan pariwisata,” paparnya.

Oleh karena itulah Batam membutuhkan investor untuk menanamkan investasinya di Kota Batam. Dari investasi yang ditanamkan maka akan terbuka lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran. Bahkan Pemko Batam bersama dengan DPRD Kota Batam membuat regulasi, agar perusahaan di Kota Batam dapat menyerap tenaga kerja lokal. Berikutnya adalah kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik, sehingga pada tahun 2023 jumlah kunjungan wisman 1,2 juta.

“Orang-orang yang datang ke Batam ini lah, nginap di hotel dan makan di restoran. Pemerintah mendapat pajak, dari pajak ini lah yang digunakan untuk membangun infrastruktur salah satunya PSPK dan memberikan insentif kepada tokoh agama,” sebut ayah dua anak ini.

Mantan Lurah Tanjunguma pun menyampaikan agar orang datang berkunjung ke Batam, maka Batam harus aman, nyaman dan kondusif. Menjaga keamanan ini menurutnya bukan hanya tanggungjawab kepolisian, melainkan individu masing-masing. Pengunjung yang datang ke Batam juga menginginkan kenyamanan, oleh karena itu Batam harus bersih dari sampah.

“Menjaga kebersihan Batam dari sampah, bukan hanya tanggungjawab Pemerintah melainkan tanggungjawab bersama. Ini penting, agar Batam menjadi bersih dan mencegah terjadinya banjir. Sampah ini memiliki nilai ekonomis dan sampahnya dapat dimanfaatkan melalui pilah sampah dan dijual melalui Bank sampah,” urainya menjelaskan program pilah sampah yang digalakkan oleh Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi.

Ia juga mengatakan bahwa kebijakan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi tidak hanya membangun infrastruktur jalan utama, melainkan juga infrastruktur di lingkungan perumahan melalui program PSPK. Ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan di Kota Batam. Bahkan anggaran PSPK ini meningkat setiap tahunnya, dan tahun ini dianggarkan Rp3,5 miliar. Ini menjadi prioritas karen jalan menjadi akses orang datang berkunjung ke Batam.

Dikesempatan itu Jefridin menyampaikan pembangunan infratsruktur yang tengah dilaksanakan Pemerintah di Kecamatan Sekupang, yakni pembangunan Flyover Sei Ladi. Flyover bernilai Rp132 miliar ini bertujuan untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di jalur utama dari Sekupang menuju Batamcentre.

“Akhin tahun ini pembangunan Flyover Sei Ladi akan rampung sehingga masyarakat sudah dapat menggunakan Flyover baru dari Sekupang menuju Batam Centre dan sebaliknya, begitu juga Sekupang-Nagoya dan sebaliknya. Untuk itu, Saya menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Kelurahan Tiban Baru khususnya dan masyarakat Kecamatan Sekupang pada umumnya, atas ketidaknyamanan melintas di jalan depan UIB saat ini,” ucapnya.

Diakhir sambutannya, pria kelahiran Selatpanjang ini pun menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid Al A’raf. Pengurus Masjid Al A’raf menyampaikan rasa syukur dan

Mungkin Anda juga menyukai