๐€๐ฉ๐ซ๐ž๐ฌ๐ข๐š๐ฌ๐ข ๐๐ž๐ง๐ฒ๐ž๐ฅ๐ž๐ง๐ ๐ ๐š๐ซ๐š๐š๐ง ๐‘๐š๐ค๐จ๐ซ๐ฐ๐ข๐ฅ ๐“๐š๐ก๐ฎ๐ง ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ’ ๐๐ข ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ, ๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐๐ฒ๐š๐ญ๐š๐ค๐š๐ง ๐ƒ๐š๐ž๐ซ๐š๐ก ๐’๐ข๐š๐ฉ ๐ƒ๐ฎ๐ค๐ฎ๐ง๐  ๐๐ซ๐จ๐ ๐ซ๐š๐ฆ ๐Š๐ž๐ซ๐ฃ๐š ๐๐Œ๐Š๐†

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ- Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I menyelenggarakan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Tahun 2024 di Aston Batam Hotel dan Residence, Selasa (05/3/2024) malam. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. yang hadir di acara itu menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta Rakorwil. Atas nama Pemerintah Kota Batam, Jefridin mengapresiasi dan berterimakasih kepada BMKG Wilayah I yang sudah menyelenggarakan Rakorwil ini di Kota Batam.

Turut hadir diacara Rakorwil, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, Kepala Biro Perencanaan BMKG, Arie Erwanto, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I, Hendro Nugroho dan Para Kepala Stasiun BMKG di Lingkungan Balai Besar MKG Wilayah I.

“Atas nama Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi, Saya ucapkan selamat datang di Kota Batam, Kota Bandar Dunia Madani. Batam dikenal dengan miniatur Indonesia, dengan keberagamannya, yang juga dikenal sebagai kota industri dan kota pariwisata,” ucapnya.

Diakuinya peran BMKG dalam memahami dan mengatasi tantangan yang dihadapi oleh masyarakat global terkait dengan perubahan iklim dan bencana alam sangat penting. Ia juga menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang telah diraih oleh BMKG dalam menyediakan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika yang akurat dan dapat dipercaya bagi masyarakat. Pemerintah Daerah menurutnya berkomitmen untuk mendukung upaya-upaya BMKG dalam menghadapi tantangan masa depan.

“Tentunya Pemerintah Daerah akan selalu mendukung program kerja BMKG dan mengajak BMKG untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi, untuk meningkatkan keterlibatan peran BMKG dalam perumusan kebijakan Pemerintah Daerah. Serta turut berperan aktif dalam antisipasi dan mitigasi bencana alam dan sosial,” ucapnya.

Tema yang diusung pada Rakorwil BMKG Wilayah I yakni โ€œPerencanaan Penganggaran UPT BMKG yang Komprehensif, Transparan, Kredibel, dan Akuntabel Guna Mendukung BMKG sebagai Global Player 2025โ€. Agar BMKG dapat terus menjadi pelaku utama dalam memberikan layanan yang unggul kepada masyarakat dan memenuhi standar internasional sebagai pemain global menurutnya penganggaran yang komprehensif, transparan, kredibel, dan akuntabel sangatlah penting

“Melalui perencanaan penganggaran yang bijaksana dan strategis, Kita dapat memastikan bahwa BMKG memiliki sumber daya yang memadai untuk terus melakukan penelitian, pemantauan, dan mitigasi terhadap risiko-risiko terkait cuaca ekstrem, perubahan iklim, dan bencana alam,” tutur pria kelahiran Selatpanjang ini.

Dikesempatan itu, ayah dua anak ini juga menyampaikan bahwa Batam saat ini tengah melakukan pembangunan infrastruktur untuk membuka akses orang berkunjung ke Batam, baik investor maupun wisatawan mancanegara maupun domestik. Sebagai kota meeting, incentive, convention dan exhibition (MICE) Batam sangat tepat menjadi tempat digelarnya event lokal, nasional bahkan internasional. Di tahun 2023, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Kota Batam berjumlah 1,2 juta. Pada tahun 2024, ditargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara diangka 2 juta jiwa.

“Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Batam, pertumbuhan ekonomi Batam tumbuh 7,04%, jauh di atas pertumbuhan ekonomi Kepri sebesar 5,2%, serta perekonomian nasional sebesar 5,05%. Capaian ini tentunya tidak lepas dari kerjasama dan dukungan antara Pemerintah, masyarakat dan seluruh stake holder di Kota Batam,” ucap mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Batam ini.

Mungkin Anda juga menyukai