๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐“๐ž๐ซ๐ข๐ฆ๐š ๐Š๐ฎ๐ง๐ฃ๐ฎ๐ง๐ ๐š๐ง ๐€๐ฌ๐๐ž๐ฉ ๐ˆ๐ง๐Ÿ๐ซ๐š๐ฌ๐ญ๐ซ๐ฎ๐ค๐ญ๐ฎ๐ซ ๐„๐ค๐จ๐ง๐จ๐ฆ๐ข ๐๐š๐ง ๐Š๐ž๐ฌ๐ซ๐š ๐Š๐ž๐๐ž๐ฉ๐ฎ๐ญ๐ข๐š๐ง ๐ˆ๐ˆ๐ˆ ๐๐๐๐, ๐๐š๐ก๐š๐ฌ ๐Š๐š๐ฐ๐š๐ฌ๐š๐ง ๐๐ž๐ซ๐›๐š๐ญ๐š๐ฌ๐š๐ง

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ- Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd. menerima kunjungan kerja Asdep Infrastruktur Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kedeputian III Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP), di Ruang Kerja Sekda, Kantor Walikota Batam, pada Jumat (2/2/2024).

Kunjungan ini sendiri dalam rangka Evaluasi dan Penyusunan Data terhadap kondisi faktual di Kawasan Perbatasan, di Provinsi Kepulauan Riau terkhusus Kota Batam. Dimana sesuai dengan tugas dan fungsi BNPP serta Pemerintah Daerah, data nantinya dijadikan sebagai fondasi penyusunan usulan program TA. 2025.

โ€œDisampaikan oleh Pak Asdep program atau kegiatan tersebut diantaranya, terkait Dana Alokasi Khusus (DAK), Tugas Pembantuan (TP), Dekonsentrasi, serta sumber dana lainnya,โ€ jelas Jefridin.

Pengumpulan data ini sesuai dengan Pasal 12 UU No.43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara, bahwa Pemerintah Daerah Berkewajiban Menetapkan Biaya Pembangunan Kawasan Perbatasan. Serta Pasal 19 UU No.43 Tahun 2008 bahwa untuk mengembangkan kawasan perbatasan melibatkan peran serta masyarakat.

โ€œKita mendukung penuh ini, insyallah akan kita bantu fasilitasi mulai dari tanggal 1 sampai dengan 5 Februari 2024, dengan sasaran lokasi prioritas di Kecamatan Batu ampar, Sekupang, Bengkong, Nongsa, Batamkota dan Belakangpadang,โ€ tegasnya.

Adapun bidang atau sektor yang menjadi konsentrasi dalam evaluasi dan penyusunan data ini adalah pendidikan, kesehatan, perdagangan, air bersih, perumahan dan permukiman serta kemampuan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

โ€œBicara pendidikan urusan wajib kita, anggaran Kota Batam sudah lebih 20 persen untuk ini. Tetapi dengan pesatnya pertumbuhan Batam dan imigrasi, mutu pendidikan harus terus menjadi perhatian terkhusus untuk sarana dan prasarana,โ€ katanya.

Pada kesempatan itu Jefridin juga menyampaikan pesatnya pembangunan Batam, di bawah arahan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Mulai dari infrastruktur di Perkotaan hingga Kelurahan (PSPK).

โ€œBerkat pembangunan yang pesat ini orang ramai ke Batam. Tahun 2023 ini lebih dari satu juta kunjungan, dan kita targetkan Tahun 2024 capai dua juta kunjungan,โ€ kata Jefridin

Mungkin Anda juga menyukai