𝐏𝐢𝐦𝐩𝐢𝐧 𝐌𝐮𝐬𝐫𝐞𝐧𝐛𝐚𝐧𝐠 𝐊𝐞𝐥𝐮𝐫𝐚𝐡𝐚𝐧 𝐓𝐢𝐛𝐚𝐧 𝐋𝐚𝐦𝐚, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐀𝐣𝐚𝐤 𝐌𝐚𝐬𝐲𝐚𝐫𝐚𝐤𝐚𝐭 𝐃𝐮𝐤𝐮𝐧𝐠 𝐏𝐞𝐦𝐞𝐫𝐢𝐧𝐭𝐚𝐡 𝐌𝐞𝐥𝐚𝐧𝐣𝐮𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐦𝐛𝐚𝐧𝐠𝐮𝐧𝐚𝐧

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦- Memimpin jalannya Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kelurahan Tiban Lama Kecamatan Sekupang Tahun 2024, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mengajak agar masyarakat mendukung Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk melanjutkan pembangunan di Kota Batam. Salah satu bentuk dukungan yakni dengan menyampaikan usulan pembangunan kepada Pemerintah melalui kegiatan Musrenbang. Kegiatan Musrenbang ini juga dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Marlin Agustina.

“Antara Pemerintah dengan masyarakat harus berkolaborasi. Usulan kegiatan yang disampaikan melalui Musrenbang, akan menjadi Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2025. Yang dibahas, merupakan usulan prioritas untuk dilanjutkan ke Musrenbang Tingkat Kecamatan dan Tingkat Kota,” jelas Jefridin mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Dipaparkannya bahwa ada tahun 2025, Pemerintah Kota (Pemko) Batan masih menganggarkan untuk pembangunan sarana dan prasarana Kelurahan (PSPK). Bahkan pada tahun 2025,Wali Kota Batam sudah mengintruksikan untuk menambah anggaran PSPK menjadi Rp3,5 miliar. Diakuinya bahwa sejak dilaksanakannya kegiatan PSPK ini, terdapat tiga Kelurahan yang pembangunan PSPK nya sudah rampung.

“Tiga Kelurahan yang telah rampung PSPK nya, Kelurahan Tanjung Pinggir, Kelurahan Muka Kuning dan Kelurahan Sukajadi. Namun demikian program PSPK tetap menjadi prioritas Bapak Wali Kota Batam ditahun 2025,” kata Ketua Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) Kota Batam.

Seperti usulan daftar prioritas yang disampaikan Lurah Tiban Lama, pembangunan PSPK masih menjadi prioritas. Dari 41 usulan, 25 merupakan usulan kegiatan pembangunan PSPK, 9 usulan pembangunan Non PSPK dan 7 usulan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Untuk non PSPK ada 9 usulan dan akan dibangun berdasarkan prioritas. Ini berkaitan dengan anggaran, mengingat anggaran Kita terbatas. Karena untuk mengakomodir seluruh usulan melalui Musrenbang diperlukan anggaran sekitar Rp15 triliun,” ucapnya memberi pemahaman.

Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Marlin Agustina menyampaikan perhatian Pemko Batam untuk pembangunan sangat luar biasa. Ia juga mengapresiasi meningkatnya anggaran PSPK yang meningkat dari tahun ke tahun.

“Pembangunan itu berdasarkan skala prioritas. Termasuk usulan pembangunan melalui Musrenbang ini akan diputuskan mana yang prioritas untuk dibangun pada tahun 2025. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini seluruh usulan dapat direalisasikan sesuai kebutuhan dan ketersediaan anggaran,” ujarnya.(*)

Mungkin Anda juga menyukai