𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐒𝐞𝐫𝐚𝐡𝐤𝐚𝐧 𝐒𝐞𝐜𝐚𝐫𝐚 𝐒𝐢𝐦𝐛𝐨𝐥𝐢𝐬 𝐁𝐨𝐧𝐮𝐬 𝐔𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐀𝐭𝐥𝐞𝐭 𝐝𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐥𝐚𝐭𝐢𝐡

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menyerahkan secara simbolis penghargaan berupa bonus kepada atlet dan pelatih berprestasi dari National Paralimpyc Comitte Indonesia (NPCI) Kota Batam Tahun 2023 di Aula Lantai 2 Kantor Dispora Kota Batam, Jumat (29/12/2023).

Adapun atlet yang menerima penghargaan Moh. Faris Darhan atlet Boccia yang berhasil meraih medali emas dan Najwa Adelia, atlet renang dengan medali perak dan perunggu. Untuk pelatih penghargaan diberikan kepada Albert Paul Mohede yang merupakan pelatih renang dan Hana Junaidah merupakan pelatih Bociah.

“Saya atas nama Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi mengapresiasi dan berterimakasih kepada NPCI yang sudah memberikan apresiasi kepada insan olahraga di Kota Batam. Semoga apresiasi ini menjadi motivasi sehingga olahraga Batam semakin maju,” tuturnya.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam menurutnya pada tahun ini sudah memberikan apresiasi kepada insan olahraga di Kota Batam atas prestasi yang telah dihasilkan. Diungkapkannya Pemko Batam berupaya untuk meningkatkan apresiasi yang diberikan, namun tergantung kemampuan anggaran Pemko Batam.

“Kemampuan keuangan Pemko Batam masih minim. Wali Kota Batam meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan, pelabuhan dan bandara. Kenapa jalan karena ini merupakan akses orang masuk ke Batam. Orang masuk ke Batam agar pendapatan asli daerah (PAD) meningkat. Jika PAD meningkat, maka hibah juga dapat ditingkatkan,” ujarnya.

Dipaparkannya bahwa Batam hanya mengandalkan daerah strategis, tidak ada hasil bumi yang bisa digarap untuk meningkatkan PAD. Dengan terbukanya akses ini diharapkan dapat menarik investor dan wisman baik mancanegara maupun domestik untuk datang ke Kota Batam.

“Dengan mereka menginap dan makan di restoran Pemko Batam mendapatkan pajak 10 persen. Agar orang datang ke Kota Batam maka tugas Kita adalah menjaga agar Batam aman, nyaman dan kondusif,” jelasnya.

Untuk meningkatkan PAD menurutnya juga bisa dengan menyelenggarakan sport tourism di Kota Batam. Melalui event olahraga yang diselenggarakan tentu dapat meningkatkan kunjungan orang datang ke Batam. Selaku Ketua Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Kota Batam, telah menyelenggarakan dua event. Event Wali Kota Cup, menurutnya dibuat untuk mendapatkan bibit-bibit baru atlet takraw. Sementara event PSTI Cup diselenggarakan dalam rangka untuk menarik orang datang ke Batam, karena peserta bisa berasal dari luar Kota Batam.

“Terimakasih insan olahraga Batam yang telah membantu Pemerintah dibidang olahraga. Gelar event olahraga yang dapat mendatangkan orang ke Batam. Ini bentuk kolaborasi yang baik dan dapat meningkatkan PAD Batam,” ungkapnya.

Acara penyerahan bonus kepada atlet dan pelatih ini dihadiri Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Zulkarnain dan Ketua Umum KONI Kota Batam, Rani Rafitriani.(*)

Mungkin Anda juga menyukai