𝐏𝐞𝐧𝐠𝐮𝐤𝐮𝐡𝐚𝐧 𝐏𝐊𝐊 𝐑𝐖 𝐁𝐮𝐥𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐚𝐧 𝐆𝐚𝐥𝐚𝐧𝐠, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐏𝐞𝐬𝐚𝐧 𝐉𝐚𝐥𝐚𝐧𝐤𝐚𝐧 𝐏𝐫𝐨𝐠𝐫𝐚𝐦 𝐒𝐞𝐬𝐮𝐚𝐢 𝐓𝐮𝐩𝐨𝐤𝐬𝐢 𝐝𝐚𝐧 𝐓𝐚𝐧𝐠𝐠𝐮𝐧𝐠𝐣𝐚𝐰𝐚𝐛

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi menghadiri Penguatan Kelembagaan PKK RW Kecamatan Bulang dan Kecamatan Galang, di Golden View Hotel, Kamis (21/12/2023). Acara disejalankan dengan pengukuhan Kelompok PKK RW se-Kecamatan Bulang dan Galang.

“Atas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Ketua PKK Kota Batam Marlin Agustina menyampaikan selamat kepada kader yang baru dilantik. Dan kepada pengurus Kelompok PKK RW yang baru dilantik, semoga dapat melaksanakan program sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), juga tanggung jawabnya,” ucapnya.

Jelasnya, PKK merupakan salah satu organisasi di Indonesia yang secara nasional didirikan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga. Sebagai mitra pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, Jefridin mengajak para kader untuk dapat berkolaborasi menjalankan 10 program pokok PKK.

“Ada 10 program PKK, diawali dengan penghayatan dan pengamalan Pancasila. Gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat,” jelasnya.

Dari 10 program pokok PKK tersebut kemudian dikelompokkan dalam 4 Program Kerja Kelompok Kerja (Pokja) PKK. Diantaranya, mengelola program penghayatan dan pengamalan pancasila dan program gotong royong, mengelola program pendidikan dan keterampilan dan pengembangan kehidupan berkoperasi, mengelola program pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, dan mengelola program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

“Pelajari dan laksanakan program serta pokja ini, jadikan organisasi sebagai ladang ibadah dan ikhlas dalam menjalankan program PKK dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan sebagai leading sector,” katanya.

Jefridin berharap kelompok PKK Kelurahan, Kecamatan hingga tingkat Kota dapat memberikan pendampingan sebagai langkah awal untuk mengembangkan program kesejahteraan keluarga dan meningkatkan perekonomian masyarakat Batam.

“Usai dikukuhkan saya atas nama Pemerintah Kota Batam berharap pekerjaan mulia dan positif ini dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah di tengah masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga,” harap Jefridin.

Pada kesempatan itu, Jefridin juga mengajak masyarakat menjaga kekompakan terutama jelang pesta demokrasi pada tahun 2024 mendatang. Ia meminta kepada seluruh kader PKK untuk dapat menggunakan hak pilihnya.

“Harapan kita dari pemerintah jangan sampai golput hak suara benar kita manfaatkan,” tutupnya.

Mungkin Anda juga menyukai