𝟏𝟏.𝟐𝟎𝟎 𝐏𝐞𝐬𝐞𝐫𝐭𝐚 𝐌𝐞𝐫𝐢𝐚𝐡𝐤𝐚𝐧 𝐏𝐚𝐰𝐚𝐢 𝐁𝐮𝐝𝐚𝐲𝐚 𝐇𝐉𝐁 𝐤𝐞-𝟏𝟗𝟒, 𝐏𝐚𝐫𝐚𝐝𝐞 𝐁𝐮𝐝𝐚𝐲𝐚 𝐍𝐮𝐬𝐚𝐧𝐭𝐚𝐫𝐚 𝐏𝐮𝐤𝐚𝐮 𝐏𝐞𝐧𝐠𝐮𝐧𝐣𝐮𝐧𝐠

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Sebanyak 11.200 peserta memeriahkan Pawai Budaya Hari Jadi Batam (HJB) ke-194. Parade budaya dari berbagai suku dan etnis yang ditampilkan peserta, sukses memukau pengunjung di Dataran Engku Putri Batamcentre, Sabtu (16/12/2023).

Pawai budaya itu diisi berbagai kebudayaan nusantara. Pawai ini terdiri dari barisan di antaranya Bahana Barelang Drumcorp (BBDC), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Batam, pelajar dan mahasiswa, Organisasi Perangkat Daerah, Organisasi Masyarakat, paguyuban, dan sebagainya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengapresiasi pergelaran pawai budaya tersebut. Rudi menilai, aneka ragam budaya itu menunjukkan Batam yang terdiri dari beragam suku namun tetap bersatu.

“Jaga terus persatuan dan kesatuan demi Batam yang lebih maju,” ujar Rudi.

Rudi mengajak, di momen HJB ke-194 itu, seluruh lapisan masyarakat untuk terus hidup rukun dan damai demi menciptakan rasa aman dan suasana kondusif.

“Kalau Batam aman dan kondusif pembangunan makin lancar dan akan terwujud Batam Kota Baru,” katanya.

Selain itu, suasana aman dan kondusif itu perlu dipertahankan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ia mengajak semua masyarakat tetap kompak meski berbeda pilihan.

“Pesta demokrasi akan digelar Februari 2024, mari bersatu padu menjaga Batam. Jangan saling mencelah, mari pilih sesuai isi hati,” pesan Rudi.

Sementara itu, Perwakilan Panitia HJB ke-194, Imam Tohari melaporkan bahwa pawai budaya dalam rangka HJB ke-194 ini diikuti 11.200 peserta.

“Pawai budaya ini bagian dari rangkaian kemeriahan HJB ke-194,” katanya.

Selain pawai budaya, sudah dilaksanakan ziarah makam zuriat Nong Isa. Selanjutnya, akan digelar Anugerah Batam Madani, hingga upacara HJB ke-194.

Hadir dalam Pawai Budaya HJB ke-194 itu, Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid, sejumlah pejabat Forkopimda, hingga tamu undangan lainnya.

 

Mungkin Anda juga menyukai