𝐈𝐤𝐮𝐭 𝐙𝐢𝐚𝐫𝐚𝐡 𝐤𝐞 𝐌𝐚𝐤𝐚𝐦 𝐍𝐨𝐧𝐠 𝐈𝐬𝐚, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧: 𝐒𝐞𝐣𝐚𝐫𝐚𝐡 𝐉𝐚𝐝𝐢 𝐏𝐨𝐧𝐝𝐚𝐬𝐢 𝐊𝐢𝐭𝐚 𝐌𝐞𝐦𝐛𝐚𝐧𝐠𝐮𝐧 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Dalam rangkaian Memperingati Hari Jadi Batam ke-194 tahun Pemerintah Kota Batam menggelar Ziarah Makam Zuriat Nong Isa, di Nongsa, Pantai Kelurahan Sambau, Rabu (13/12/2023). Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. turut berziarah di agenda rutin tiap peringatan Hari Jadi Batam ini, di dampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Batam, Hariyanti Jefridin.

“Ini merupakan bentuk kita mengenang, mengingat dan menghargai sejarah. Dengan sejarahlah menjadi pondasi kita untuk dapat mewujudkan pembangunan Batam, seperti yang ada saat ini,” katanya.

Adapun momentum historis yang menjadi titik tolak penetapan Hari Jadi Batam ialah bertitik tolak dari peristiwa pelimpahan wewenang kepada Raja Isa atau Nong Isa oleh Kerajaan Riau-Lingga.

Awal abad ke-19 dibuka wilayah baru di Nongsa oleh Raja Isa bersama rombongan keluarga kerajaan dari pusat kerajaan Riau-Lingga. Dengan Raja Isa sebagai wakil kerajaan, pada 22 Jumadil akhir 1245 hijrah, atau bertepatan dengan 18 Desember 1829 masehi. Maka ditetapkanlah Hari Jadi Batam diperingati setiap tanggal 18 Desember. Ketentuan ini diatur dalam Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 4 Tahun 2009.

“Ini perlu diketahui bagaimana sejarah Batam dengan pemerintahan dan pembangunan kita yang saat ini. Agar generasi penerus juga tahu dan dapat melestarikan sejarah Hari Jadi Batam,” ujarnya.

Jefridin berpesan kepada generasi penerus untuk dapat merenungkan kembali, mengingatkan betapa panjangnya jalan yang sudah dilalui oleh Batam.

Ia berharap ziarah kepada Nong Isa ini dapat menjadi budaya dan penyemangat pemuda untuk nantinya dapat melanjutkan visi Batam, sebagai bandar dunia madani yang modern dan sejahtera serta bermuara pada kesejahteraaan masyarakat.

 

Mungkin Anda juga menyukai