𝐌𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐑𝐚𝐩𝐚𝐭 𝐄𝐯𝐚𝐥𝐮𝐚𝐬𝐢 𝐒𝐞𝐥𝐞𝐤𝐬𝐢 𝐒𝐊𝐃, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐒𝐚𝐦𝐩𝐚𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐥𝐚𝐤𝐬𝐚𝐧𝐚𝐚𝐧 𝐒𝐊𝐃 𝐏𝐏𝐏𝐊 𝐝𝐢 𝐊𝐨𝐭𝐚 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 𝐁𝐞𝐫𝐥𝐚𝐧𝐠𝐬𝐮𝐧𝐠 𝐒𝐮𝐤𝐬𝐞𝐬

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Wali Kota Batam, Bapak Wali, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menyampaikan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Seleksi Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diselenggarakan di Kota Batam Berjalan lancar.

Lancarnya pelaksanaan ini karena adanya kolaborasi yang baik antara UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam hal ini Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam. Hal itu disampaikannya saat memberikan ucapan selamat datang di acara Rapat Evaluasi Pelaksanaan SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Serta Persiapan SKD CPNS Tahun 2023, di Best Western Premier, Rabu (13/12/2023).

“Saya atas nama Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi menyampaikan ucapan selamat datang di Kota Batam, Kota Bandar Dunia Madani. Terimakasih atas dukungan BKN melalui UPT BKN yang ada di Kota Batam sehingga seleksi seleksi kompetensi PPPK di Kota Batam berlangsung tanpa hambatan aapapun,” ucapnya.

Jefridin juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada BKN RI yang telah menyelenggakan event skala nasional di Kota Batam. Ia menjelaskan bahwa Batam merupakan satu dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepri. Bahkan Batam dengan kemajemukannya sehingga mendapat julukan sebagai miniaturnya Indonesia.

“Seluruh suku ada di Batam dan ada paguyubannya. Bahkan seluruh warga negara di dunia ada di Batam, terdaftar sebanyak lima ribu TKA bekerja di Batam,” tuturnya menceritakan tentang Batam.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada peserta jika selama berkendara tidak nyaman, karena saat ini Pemko Batam bersama BP Batam tengah melakukan pembangunan infrastruktur jalan. Kenapa infrastruktur, karena Batam berbeda dengan daerah lain dan tidak memiliki hasil bumi yang bisa ditambang.

“Batam mengandalkan letaknya yang strategis sehingga Batam dikemas sebagai kota Meeting, Insentif, Convention dan Exibition (MICE). Terimakasih BKN yang sering mengadakan event nasional di Batam. Sudah pasti menambah PAD Kota Batam, dari pajak hotel dan restoran,” paparnya.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Haryono Dwi Putranto mengatakan kegiatan hari ini bertujuan untuk mengevaluasi  Pelaksanaan SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK yang sudah berlangsung sejak 8 November hingga 9 Desember 2023 lalu. Harapannya melalui evaluasi ini diperoleh masukan sehingga kedepan pelaksanaan SKD lebih baik lagi.

“Seluruh Kantor Regional wajib melakukan Rakor evaluasi ini. Tidak ada pekerjaan yang tidak memiliki kesalahan dan ini sudah menjadi resiko. Ada di beberapa titik lokasi terjadi masalah, dan semua bisa diatasi. Seperti di Kota Makasar, Lampung dan Surabaya, ada masyarakat yang mengikuti SKD menggunakan jasa joki. Syukurnya bisa Kita deteksi,” sebutnya.

Pertemuan ini menurutnya untuk mencari solusi langkah yang diambil jika ada masyarakat yang melakukan tindakan seperti itu. Secara hukum pelaku joki akan mendapat pidana jika ada pasal yang disangkakan, dari segi administrasi apakah masyarakat itu tidak dapat mengikuti SKD CPNS dalam jangka waktu tertentu.

“Presiden mengapresiasi sistem yang digunakan BKN dalam pepaksanaan SKD dan integritas pegawai BKN. Mohon untuk menjaga intergritas karena ini merupakan marwah Kita di BKN. Insyaallah BKN ke depan lebih kuat lagi. Berhasil tidaknya pelaksanaan SKD ini tergantung Kantor Regional. Banyak apresiasi karena Kita melaksanakan secara selektif, transparansi dan akuntabel. Pujian tidak patut dibanggakan, tapi bagaimana mempertahankan prestasi,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Utama BKN, Imas Sukmariah, Deputi Wasdal Ottok Kuswandaru dan Deputi Sinka, Suharmen, Kepala BKPSDM Kota Batam, Asnah.(*)

 

Mungkin Anda juga menyukai