𝐃𝐚𝐦𝐩𝐢𝐧𝐠𝐢 𝐖𝐚𝐤𝐨 𝐑𝐮𝐝𝐢 𝐝𝐢 𝐑𝐚𝐤𝐨𝐫 𝐅𝐊𝐏𝐃, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐒𝐚𝐦𝐩𝐚𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐫𝐬𝐞𝐝𝐢𝐚𝐚𝐧 𝐁𝐚𝐡𝐚𝐧 𝐏𝐨𝐤𝐨𝐤 𝐀𝐦𝐚𝐧

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Menyambut Natal dan Tahun Baru Tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemko) Batam bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Batam menggelar rapat koordinasi dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru di Aula Engku Hamidah Kantor Wali Kota Batam, Senin (11/12/2023). Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menyampaikan rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

“Dalam rapat koordinasi tadi ada lima agenda yang dibahas. Pada dasarnya masing-masing pimpinan FKPD memberikan dukungannya dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru,” ujar Jefridin.

Lima agenda yang menjadi pembahasan dalam rapat koordinasi yakni, pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru, transportasi menjelang Natal dan Tahun Baru, ketersediaan bahan kebutuhan pokok strategis, operasi pasar dan pengendalian Inflasi Daerah, persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 dan persiapan Hari Jadi Batam (HJB) ke-194 Tahun 2023.

“Seluruh stake holder terkait yang mengikuti rapat menyatakan kesiapannya untuk mendukung pengamanan saat Natal dan Tahun Baru 2024. Kapolresta Barelang tadi sudah memaparkan bahwa akan melakukan pengamanan pada objek vital seperti mall, gereja, rumah sakit dan bank,” jelas mantan Kadispenda Kota Batam ini.

Terkait persediaan kebutuhan bahan pokok, seperti beras persediaan cukup hingga awal tahun 2024. Begitu juga dengan gula pasir, minyak goreng, cabe merah, bawang merah dan bawang putih. Meski harga cabe merah dan bawang merah mengalami kenaikan, namun persediaan masih cukup.

“Alhamdulillah persediaan bahan pokok hingga awal tahun cukup, bahkan gula pasir persediaannya melebihi. Untuk saat ini memang ada kenaikan harga cabe merah kisaran harga antara Rp90 ribu sampai Rp100 ribu. Begitu juga harga bawang merah naik, tapi tidak setinggi di Jawa. Hal ini disebabkan karena adanya bawang Birma, harga per kilo Rp15 ribu,” jelasnya.

Untuk itu Ia mengimbau agar masyarakat Kota Batam tidak perlu khawatir dengan persediaan bahan pokok di Kota Batam. Jika masyarakat ingin menyediakan stok di rumah, Ia menyarankan agar tidak berlebihan. Selaku Ketua Harian Tim Pengendalian Daerah (TPID) Kota Batam, Ia menuturkan bahwa Pemko Batam berusaha untuk mengintervensi sebagai antisipasi lonjakan harga di pasar.

“Pemko Batam juga sudah mengambil langkah untuk antisipasi kenaikan harga ini, salah satunya melalui kegiatan sembako bersubsidi yang saat ini masih berjalan,” paparnya.

Terkait peringatan Hari Jadi Batam (HJB) Ke-194, Ia mengimbau agar seluruh masyarakat turut merayakan HJB ini. Banyak kegiatan yang sudah disiapkan dalam rangka memperingati HJB Ke-194 ini. Kegiatan Pawai Budaya akan digelar pada Sabtu (16/12/2023) di Dataran Engku Putri.

“Mari sama-sama Kita meriahkan perayaan Hari Jadi Batam ke-194. Untuk tahun ini seluruh rangkaian HJB Kita pusatkan di Dataran Engku Putri,” jelasnya.(*)

Mungkin Anda juga menyukai