𝐓𝐮𝐭𝐮𝐩 𝐊𝐞𝐠𝐢𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐥𝐚𝐭𝐢𝐡𝐚𝐧 𝐃𝐢𝐬𝐧𝐚𝐤𝐞𝐫, 𝐑𝐮𝐝𝐢 𝐌𝐞𝐧𝐠𝐚𝐣𝐚𝐤 𝐏𝐞𝐬𝐞𝐫𝐭𝐚 𝐌𝐞𝐦𝐛𝐚𝐧𝐠𝐮𝐧 𝐊𝐨𝐭𝐚 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 𝐁𝐞𝐫𝐬𝐚𝐦𝐚

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi secara resmi menutup pelatihan berdasarkan unit kompetensi dan pengukuran produktivitas tingkat Kota Batam tahun anggaran 2023 di Harmoni One Hotel, Kamis (30/11/2023).

Pelatihan yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam digelar bagi masyarakat Kota Batam baik yang sedang mencari kerja maupun yang sudah bekerja. Pelatihan diadakan untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas para pencari kerja dan pekerja. Pelatihan telah dilaksanakan sejak bulan Mei hingga November yang diikuti oleh 1.710 peserta dengan melibatkan beberapa Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat secara simbolis.

Kegiatan ini disambut positif para peserta, beberapa diantaranya mengaku mendapatkan pekerjaan setelah mengikuti pelatihan.

Saya sangat merasakan manfaat yang luar biasa, setelah menyelesaikan pelatihan dan bermodalkan sertifikat LPK, saya sudah dipanggil untuk tes kerja di kabil,” ucap salah satu peserta pelatihan.

Rudi mengungkapkan keahlian menjadi tonggak utama suatu daerah agar dapat berjalan. Pelatihan menjadi wadah bagi para peserta untuk menggali potensi yang dimiliki masing-masing individu. Dengan pelatihan peserta mendapatkan sertifikat yang dapat menjadi bukti keahlian yang dimiliki.

“Tak perlu khawatir jika ke Batam, tidak ada kerja yang paling penting kompetensi nomor satu. Sertifikat itu menjadi bukti bahwa kalian memiliki kompetensi yang memang dikuasai,” jelasnya.

Angka pengangguran menurun tiap tahun menjadi tujuan utama Pemko Batam. Dengan itu, Wali Kota Batam mendorong disnaker serta LPK agar mengambil langkah yang signifikan. Selain itu, Rudi mengajak peserta untuk membangun Kota Batam dengan berbagai keahlian yang dimiliki.

“Tanggung Jawab Kota Batam bukan hanya di tangan saya saja, tapi di tangan kita semua,” pungkasnya.

 

Mungkin Anda juga menyukai