𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐀𝐣𝐚𝐤 𝐌𝐚𝐬𝐲𝐚𝐫𝐚𝐤𝐚𝐭 𝐓𝐚𝐧𝐣𝐮𝐧𝐠 𝐁𝐮𝐧𝐭𝐮𝐧𝐠 𝐌𝐚𝐧𝐟𝐚𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐁𝐚𝐧𝐤 𝐒𝐚𝐦𝐩𝐚𝐡 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐏𝐢𝐥𝐚𝐡 𝐒𝐚𝐦𝐩𝐚𝐡 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐑𝐮𝐦𝐚𝐡

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam melakukan sosialisasi pilah sampah dari rumah kepada masyarakat Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, Senin (27/11/2023). Ketua TP-PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menyampaikan melalui kegiatan pilah sampah dari rumah ini dapat menambah ekonomi keluarga.

“Pilah sampah ini merupakan kebijakan dari Wali Kota Batam dan dieksekusi oleh PKK dan DLH. Karena sampah termasuk masalah kehidupan, jika tidak disikapi dengan baik akan menjadi penyakit. Untuk itu Saya mengajak agar Ibu-ibu semua dapat melakukan kegiatan pilah sampah dari rumah melalui bank sampah,” ucapnya didampingi Kadis DLH, Herman Rozie.

Dipaparkannya bahwa dalam satu hari masing-masing orang menghasilkan sampah 0,8 gram sampah. Ini menurutnya belum termasuk sampah industri dan sampah pasar. Salah satu langkah untuk mengurangi volume sampah adalah dengan melakukan pilah sampah. Berkurangnya volume sampah tentunya akan berdampak pada berkurangnya pengeluaran APBD untuk pengelolaan sampah ini.

“Sampah ini ada yang memiliki nilai ekonomis, jika dipilah tentu akan menambah penghasilan bagi Kita. Itu lah kenapa pemerintah melalui DLH mengedukasi masyarakat agar melakukan pilah sampah,” ujarnya.

Selanjutnya Jefridin menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang sudah memberikan dukungan untuk pembangunan Batam. Untuk itu masyarakat harus menjaga agar Batam aman, nyaman dan kondusif. Jika Batam aman, nyaman dan kondusif maka orang akan datang berkunjung ke Kota Batam.

“Mereka yang datang berkunjung adalah investor dan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Investor akan berinvestasi dan terbukalah lapangan pekerjaan. Sementara jika orang datang ke Batam, restoran dan hotel akan penuh. Pendapatan asli daerah Kita akan bertambah, ini lah yang Kita gunakan untuk membangun infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.(*)

Mungkin Anda juga menyukai