𝐁𝐮𝐤𝐚 𝐊𝐞𝐠𝐢𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐁𝐮𝐧𝐝𝐚 𝐁𝐞𝐫𝐭𝐮𝐭𝐮𝐫, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐀𝐣𝐚𝐤 𝐓𝐢𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐌𝐢𝐧𝐚𝐭 𝐌𝐞𝐦𝐛𝐚𝐜𝐚 𝐒𝐞𝐣𝐚𝐤 𝐃𝐢𝐧𝐢

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Bunda Literasi, Marlin Agustina Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka secara resmi acara Bunda Bertutur dengan tema “Gerakan Orang Tua Membangun Karakter Bangsa Melalui Cerita di Ballroom E Golden Prawn, Bengkong Laut, Jumat (17/11/2023).

“Kegiatan hari ini merupakan kegiatan positif, bagaimana Kita ketahui bahwa minat baca bangsa Indonesia masih rendah. Alhamdulillah Batam, minat baca masyarakatnya meningkat tentunya dengan upaya yang dilakukan Pemerintah bersama Bunda Literasi untuk meningkatkan minat baca tersebut,” ujar Jefridin.

Ia mengajak agar masyarakat meningkatkan minat untuk membaca. Diungkapkannya bahwa membaca sangat penting sekali. Terlebih pada tahun 2025 Indonesia genap berusia 100 tahun dan saat itu Indonesia masuk kategori negara maju. Untuk menyambut itu maka harus disiapkan generasi emas yang mampu bersaing dan siap menyongsong Indonesia Emas 2025.

“Dengan membaca bisa menguasai ilmu dan dunia. Membaca ini penting sekali, ada sebuah teori pendidikan jika anda ingin mendidik dan menguasai dunia maka gunakanlah waktumu 4 jam dari 24 jam itu untuk membaca,” paparnya.

Ia mengajak agar masyarakat Kota Batam membaca yang bermanfaat, bagi pelajar tentu membaca buku pelajaran. Menyampaikan pesan Wali Kota Batam dan Bunda PAUD, Jefridin mengajak untuk banyak membaca.

“Melalui kegiatan ini mari Kita mengajak atau membawa anak Kita untuk gemar membaca. Mudah-mudahan empat jam dari waktu 24 jam ini bisa Kita gunakan untuk membaca. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi Kita semua,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Batam, Samudin menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kota Batam. Untuk meningkatkan minat baca ini menurutnya harus dimulai sedari dini.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Sekda yang sudah mendukung dan hadir di acara ini untuk membuka kegiatan ini. Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan minat baca anak-anak Kita sejak dini,” ucap mantan Kabag Kesra Setdako Batam ini.

Kegiatan bunda bertutur ini merupakan salah satu tugas tugas dari Bunda Literasi. Mendukung kegiatan ini Dinas Perpustakaan dan Arsip mengundang 150 anak PAUD/TK di Kota Batam. Melihat kondisi saat ini maka perlu membiasakan anak-anak untuk membaca.

“Indesk literasi di Kota masyarakat Batam baik dengan nilai 82,13 persen. Namun ini harus ditingkatkan lagi agar pada tahun depan memperoleh kategori sangat baik. Alhamdulillah mobil Perpustakaan keliling cukup diminati oleh masyarakat,” tuturnya.(*)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai