๐๐ž๐ฆ๐ค๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ ๐†๐ž๐ฅ๐š๐ซ ๐Š๐จ๐ง๐ฌ๐ฎ๐ฅ๐ญ๐š๐ฌ๐ข ๐๐ฎ๐›๐ฅ๐ข๐ค ๐ˆ๐ˆ ๐ƒ๐š๐ฅ๐š๐ฆ ๐‘๐š๐ง๐ ๐ค๐š ๐๐ž๐ง๐ฒ๐ฎ๐ฌ๐ฎ๐ง๐š๐ง ๐Š๐‹๐‡๐’ ๐‘๐๐‰๐๐ƒ ๐๐š๐ง ๐‘๐๐‰๐Œ๐ƒ ๐Š๐จ๐ญ๐š ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakilkan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka secara resmi Konsultasi Publik II (KP II) Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengkah Daerah (RPJMD) Kota Batam Tahun 2023 di ruang rapat Hang Nadim Kantor Walikota, Selasa (14/11/2023).

Dipaparkannya bahwa KLHS RPJPD dan RPJMD disusun untuk memastikan penyusunan RPJPD dan RPJMD Kota dari Pimpinan Daerah Terpilih dalam menyusun rencana pembangunan jangka panjang dan menengah daerahnya. Tentunya dengan memperhatikan prinsip dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), mengingat proses pemilihan secara demokratis akan kita laksanakan pada Tahun 2023/2024 dan dilantik pada Tahun 2025.

โ€œHari ini merupakan konsultasi publik yang ke dua, Alhamdulillah data yang dibutuhkan sudah terpenuhi karena beberapa waktu lalu sudah diselenggarakan konsultasi publik pertama,โ€ ujar Jefridin.

Dipaparkannya tahapan-tahapan penyusunan KLHS RPJPD dan RPJMD secara teknis akan disampaikan oleh Tim Penyusun KLHS dari UGM Bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam dan Bapelitbangda Kota Batam sebagai pemegang Kebijakan Rencana dan Programnya (RPJPD/ RPJMD).

โ€œAtas nama Walikota Batam, Saya berharap agar semua yang hadir dapat memberikan saran masukan sebagai sumbangsih kepada Pembangunan di Kota Batam melalui perencanaan Pembangunan jangka Panjang dan jangka menengah. Sehingga diharapkan Pembangunan yang telah berjalan akan berkelanjutan dengan memperhatikan aspek-aspek Tujuan Pembangunan Berkelanjutan sebagai muatan KLHS ini,โ€ jelasnya.

Penyusunan KLHS RPJPD dan RPJMD menurutnya haris segera selesai sebelum disusun Dokumen RPJPD/ RPJMD. Untuk itu Ia berharap semua OPD di lingkungan Pemerintah Kota Batam dan seluruh stake holder dapat membantu agar hasilnya dapat dijadikan sebagai pedoman dalam penyusunan RPJPD Kota Batam Tahun 2025 โ€“ 2045 dan RPJMD Kota Batam Tahun 2025 โ€“ 2030.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Herman Rozie mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan konsultasi publik ke II. Melalui konsultasi ke II ini diharapkan akan dihasilkan rekomendasi untuk penyusunan KLHS RPJPD dan RPJMD. Karena tahap selanjutnya adalah melakukan validasi di tingkat provinsi. Untuk kesempurnaan penyusunan KLHS RPJPD dan RPJMD Pemko Batam mendatangkan tenaga ahli dari UGM, DR. Lutfi Mutaโ€™ali.(*)

 

Mungkin Anda juga menyukai