𝐌𝐚𝐬𝐲𝐚𝐫𝐚𝐤𝐚𝐭 𝐃𝐢𝐢𝐦𝐛𝐚𝐮 𝐖𝐚𝐬𝐩𝐚𝐝𝐚, 𝐀𝐝𝐚 𝐏𝐢𝐡𝐚𝐤-𝐩𝐢𝐡𝐚𝐤 𝐌𝐞𝐧𝐠𝐚𝐭𝐚𝐬𝐧𝐚𝐦𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐣𝐚𝐛𝐚𝐭 𝐏𝐞𝐦𝐤𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 𝐌𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐌𝐞𝐝𝐢𝐚 𝐒𝐨𝐬𝐢𝐚𝐥 𝐔𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐌𝐞𝐧𝐜𝐚𝐫𝐢 𝐊𝐞𝐮𝐧𝐭𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐏𝐫𝐢𝐛𝐚𝐝𝐢

Kepala Dinas Komunikasi & Informatika Rudi Panjaitan

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap berbagai bentuk penipuan. Terutama dengan memanfaatkan media sosial.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam, Rudi Panjaitan mengatakan masyarakat diharapkan selalu bijak dan berhati-hati saat menggunakan media sosial. Baik itu WhatsApp, Facebook, Instagram, Tik Tok dan yang lainnya

“Karena baru-baru ini banyak penipuan yang mengatasnamakan pejabat di lingkungan Pemko Batam,” kata Rudi Panjaitan, Selasa (14/11/2023).

Dijelaskannya bahwa modus yang sering digunakan para penipu biasanya adalah dengan mengkloning akun Facebook dan juga nomor WhatsApp para pejabat Pemko Batam. Kemudian menggunakan foto profil yang sama dengan akun aslinya.

Selanjutnya, para penipu tersebut biasanya menghubungi masyarakat dengan random dan menawarkan atau menjanjikan sesuatu yang dapat merugikan masyarakat. Selain itu ada juga yang berpura-pura meminjam uang dengan janji akan segera dikembalikan.

“Modus-modus seperti sangat banyak, karena itu masyarakat harap selalu waspada,” katanya.

Imbauan yang sama juga disampaikan kepada para pegawai di lingkungan Pemko Batam, agar selalu cermat dan bijak dalam menggunakan media sosial. Jangan mudah percaya jika ada pejabat Pemko Batam yang menjanjikan untuk promosi jabatan kepada pegawai dengan membayar sejumlah uang.

“Karena yang terbaru, akun Facebook Kepala BKPSDM Kota Batam, Ibu Hasnah juga dikloning oleh orang yang tidak bertanggungjawab,” ujarnya.

Mungkin Anda juga menyukai