𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐔𝐧𝐠𝐤𝐚𝐩𝐤𝐚𝐧 𝐊𝐞𝐦𝐚𝐬𝐚𝐧 𝐏𝐫𝐨𝐝𝐮𝐤 𝐘𝐚𝐧𝐠 𝐌𝐞𝐧𝐚𝐫𝐢𝐤 𝐃𝐚𝐩𝐚𝐭 𝐌𝐞𝐧𝐢𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐍𝐢𝐥𝐚𝐢 𝐉𝐮𝐚𝐥

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Sebanyak 450 orang pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Batam mengikuti pelatihan desain kemasan di Hotel Harmonie One, Senin (13/11/2023). Acara yang dibuka Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Marlin Agustina dan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Batam bekerjasama dengan Dekranasda Kota Batam.

Jefridin mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kemasan produk yang menarik. Dipaparkannya, kemasan suatu produk dapat meningkatkan nilai jual dari suatu produk. Karena kemasan ini menurutnya menyangkut estetika, ketahanan dan keamanan sekaligus merupakan nilai jual dan citra produk.

“Kemasan yang baik dan menarik akan memberikan nilai tambah bagi produk IKM/UKM yang dihasilkan dan konsumen pun akan tertarik dengan produk yang dibuat. Dengan begitu produk Bapak/Ibu bisa bersaing dengan produk dari luar,” tuturnya.

Kepada peserta yang mengikuti pelatihan ini Jefridin berpesan agar dapat mengikuti dengan baik hingga selesai. Kepada narasumber Ia juga berharap agar dapat memberikan pengetahuan kepada peserta terkait teknik membuat kemasan yang menarik.

“Dengan menguasai teknik-teknik kemasan yang efektif, kita dapat meningkatkan daya tarik produk kita di pasaran, menarik perhatian konsumen. Kemasan yang baik akan membuat produk yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas,” ungkap pria kelahiran Selatpanjang ini.

Ia mengatakan bahwa Wali Kota Batam, tidak hanya fokus dalam pembangunan infrastruktur saja. Melainkan juga memperhatikan kemajuan sumber daya manusia (SDM) di Kota Batam, salah satunya dengan memberikan pelatihan desain kemasan yang terselenggara pada hari ini.

“Manfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya sehingga dapat diaplikasikan dalam kemasan produk yang menarik,” pungkasnya.

Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina, desain kemasan menjadi media untuk promosi. Era saat ini menurutnya adalah era menarik konsumen sehingga kemasan harus menarik dan praktis. Jadi bukan hanya rasa yang dijual tapi juga tampilan produk.

“Kemasan harus mudah dipajang, dibawa dan mudah untuk. Ini sangat penting bagi Kita lakukan agar konsumen tertarik dengan produk yang dihasilkan. Oleh karena itu mohon dimanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya,” pesannya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Gustian Riau 2.200 pelaku IKM/UKM yang terdaftar pelatihan ini diikuti 450 IKM/UKM. Pelatihan desain kemasan ini dibutuhkan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produknya. Teknik desain kemasan yang diberikan seperti untuk pembuatan nama, merk, logo serta konten untuk promosi produk IKM/UKM.

“Melalui pelatihan desain ini diharapkan pelaku IKM/UKM dapat meningkatkan kreatifitas pada produk yang dihasilkan melalui pendampingan narasumber. Sehingga desain kemasan produk yang menarik dan sesuai dengan tuntutan pasar dapat menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan daya saing produk.(*)

Mungkin Anda juga menyukai