๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐๐ฎ๐ค๐š ๐Š๐ฎ๐ซ๐ฌ๐ฎ๐ฌ ๐Œ๐š๐ก๐ข๐ซ ๐ƒ๐š๐ฌ๐š๐ซ ๐Š๐ž๐ฉ๐ซ๐š๐ฆ๐ฎ๐ค๐š๐š๐ง, ๐Š๐š๐ฆ๐š๐›๐ข๐ซ๐š๐ง ๐๐จ๐ง๐ ๐ฌ๐š ๐“๐ฎ๐ซ๐ฎ๐ญ ๐‰๐š๐๐ข ๐๐ž๐ฌ๐ž๐ซ๐ญ๐š ๐Š๐ฎ๐ซ๐ฌ๐ฎ๐ฌ ๐๐ž๐ฆ๐›๐ข๐ง๐š ๐Œ๐š๐ก๐ข๐ซ ๐ƒ๐š๐ฌ๐š๐ซ

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ – Ketua Kwartir Cabang Kota Batam sekaligus Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka Acara Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar Mandiri (KMD) Kwarran Nongsa Tahun 2023, di Aula Lantai 1 Kecamatan Nongsa, Sabtu (11/11/2023).

Dari 38 orang peserta dalam kursus ini, Ketua Majelis Pembimbing Ranting Nongsa, Kak Arpandi, S.STP. MH. Ka. Kwarran, dan Kak Amri turut menjadi peserta Kursus Mahir Dasar yang diselenggarakan dari tanggal 11-12,18-19 dan 25-26 November 2023.

โ€œSelaku Ketua Kwarcab Batam dan atas nama Majelis Pembimbing Cabang Batam, Bapak Wali Kota Haji Muhammad Rudi mengucapkan selamat dan apresiasi atas terselenggaranya kursus ini dengan mandiri,โ€ kata Jefridin didampingi Ketua DWP Kota Batam, Hariyanti.

Menurutnya, KMD ini merupakan sarana meningkatkan kualitas bagi orang dewasa dalam mengabdikan dirinya untuk pramuka, karena ditegaskannya bahwa pramuka adalah sebagai ladang pengabdian.

โ€œIkuti kegiatan pelatihan ini dengan baik dan ikhlas, ambil ilmunya sehingga Gerakan Pramuka Kwarran Nongsa semakin berkualitas,โ€ pesan Jefridin.

Jefridin berharap melalui Kegiatan Kursus Mahir Dasar Mandiri Gerakan Pramuka ini diharapkan menjadi wadah untuk membentuk karakter, serta menjaga hablumilnallah dan habluminannas.

โ€œTugas kita sebagai orang dewasa di Gerakan Pramuka dan sebagai hamba Allah SWT adalah menjaga hablumniallah dan hablumbinanas, agar selamat dunia akhirat,โ€ katanya.

Tambahnya, dengan kegiatan ini Gerakan Pramuka Kota Batam dapat semakin maju dan tumbuh, sesuai makna dan kiasan lambang pramuka tunas kelapa. Dimana tunas kelapa dalam lambang Pramuka Indonesia memiliki banyak makna. Diantaranya, tunas kelapa yang dapat tumbuh dimana saja, membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dengan keadaan sekelilingnya.

โ€œTunas kelapa juga serba guna dari ujung atas hingga akarnya,โ€ katanya. Nantinya pada penutupan Jefridin akan menguji langsung hasil ilmu yang di dapat dari peserta selama melaksanakan pelatihan.

Mungkin Anda juga menyukai