𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐀𝐣𝐚𝐤 𝐖𝐢𝐫𝐚𝐮𝐬𝐚𝐡𝐚 𝐌𝐚𝐧𝐟𝐚𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐃𝐢𝐠𝐢𝐭𝐚𝐥𝐢𝐬𝐚𝐬𝐢 𝐔𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐏𝐚𝐬𝐚𝐫𝐤𝐚𝐧 𝐏𝐫𝐨𝐝𝐮𝐤𝐧𝐲𝐚

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mengajak para wirausaha pemula untuk memanfaatkan digitalisasi untuk memasarkan produk usahanya. Ajakan itu disampaikannya diacara pelatihan Digitalisasi bagi Wirausaha Pemula Angkatan I Tahun 2023 di Hotel Golden View, Kamis (02/11/2023).

“Saya atas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengapresiasi dan berterimakasih kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam yang menyelenggarakan pelatihan ini,” ungkap Jefridin.

Ia mengajak agar peserta dapat mengikuti pelatihan digitalisasi ini dengan baik. Menurutnya, memasarkan produk dengan sistem digitalisasi merupakan strategi dalam berusaha. Karena dapat mengurangi pengeluaran salah satunya untuk sewa tempat usaha. Disamping itu jangkauan untuk memasarkan usaha lebih luas.

“Di Era digital ini orang cenderung lebih memilih untuk membeli produk lewat Online, untuk itulah penting bagi para pelaku UMKM memiliki ketrampilan marketing lewat internet,” ungkap Jefridin.

Masyarakat Kota Batam menurutnya harus mengambil manfaat dari pembangunan yang dilakukan oleh Pemko Batam. Melalui pelatihan ini Pemko Batam mempersiapkan agar sumber daya manusia (SDM) di Kota Batam siap berperan untuk ambil bagian dari pembangunan di Kota Batam.

“Bapak Wali Kota Batam, dalam tiap kesempatan selalu mengajak masyarakat untuk ambil bagian dari pembangunan ini. Sebagai Kota tujuan bagi investor untuk berinvestasi dan kunjungan wisatawan, maka Ibu-ibu harus siapkan apa jenis makanan yang akan dikembangkan untuk usaha,” paparnya.

Dalam pemilihan jenis usaha ini pun menurutnya harus fokus. Dengan tujuan usaha dapat berkembang dan maju. Sebagai miniatur Indonesia, banyak usaha kuliner yang bisa dikembangkan. Mengingat hampir seluruh suku dan budaya ada di Kota Batam.

“Jika ingin usaha menjual pisang goreng fokus diusaha itu saja. Jaga kualitas rasanya, pengemasannya serta harus higienis. Jika tiga hal ini sudah memenuhi keinginan konsumen Insyaallah usaha Ibu-ibu semua akan berkembang dan maju. Untuk memasarkan ya bisa melalui aplikasi,” jelas ayah dua anak ini.

Harapannya melalui pelatihan ini narasumber dapat memberikan kiat-kiat kepada peserta pelatihan tentang bagaimana cara memanfaatkan dunia digitalisasi untuk menjual produknya.(*)

 

Mungkin Anda juga menyukai