๐ƒ๐š๐ฆ๐ฉ๐ข๐ง๐ ๐ข ๐–๐š๐ฅ๐ข ๐Š๐จ๐ญ๐š ๐“๐ฎ๐ญ๐ฎ๐ฉ ๐๐ž๐ฅ๐š๐ญ๐ข๐ก๐š๐ง ๐ƒ๐ข๐ ๐ข๐ญ๐š๐ฅ ๐„๐ง๐ญ๐ซ๐ž๐ฉ๐ซ๐ž๐ง๐ž๐ฎ๐ซ๐ฌ๐ก๐ข๐ฉ, ๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง: ๐๐š๐ง๐ญ๐ฎ ๐ˆ๐Š๐Œ/๐”๐Š๐Œ ๐‡๐š๐๐š๐ฉ๐ข ๐“๐ซ๐š๐ง๐ฌ๐Ÿ๐จ๐ซ๐ฆ๐š๐ฌ๐ข ๐ƒ๐ข๐ ๐ข๐ญ๐š๐ฅ

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mendampingi Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menutup Pelatihan Digital Entrepreneurship yang digelar Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam. Kegiatan diikuti sebanyak 450 Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Batam, mulai dari jenis usaha pangan, kerajinan dan sebagainya.

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Gubernur Kepri sekaligus Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina, di Harmoni One Hotel, Senin (30/10/2023). Menurut Jefridin, pelatihan ini sendiri tidak lain guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, agar memiliki bekal dan strategi dalam menjalankan usaha berbasis digital di Kota Batam.

โ€œPenting memiliki kemampuan digital marketing, karena semua saat ini berbasis media sosial. Kegiatan digitalisasi bagi pelaku usaha ini juga atas usulan dari Ketua Dekranasda Kota Batam, Ibu Marlin Agustina,โ€ jelasnya.

Dimana Jefridin menyampaikan, dengan perkembangan zaman dan arus digitalisasi yang semakin maju, maka akan berpengaruh dan berimbas pada pelaku usaha khususnya di Kota Batam.

โ€œSebagai kota yang sangat dekat dengan negara maju yaitu Singapura, perkembangan teknologi Batam luarbiasa pesat. Maka pelatihan ini pasti akan membawa dampak baik bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat Batam,โ€ ujar Jefridin.

Perkembangan teknologi di Kota Batam menurut Jefridin juga tidak lepas dari dampak pandemi Covid-19, yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan segala aktivitas luar ruangan di rumah.

โ€œTernyata dampak dari Covid-19 bukan mempercepat tranformasi digital. Sekarang setiap hari senin Pemko Batam melakukan rapat dengan Mendagri, terkait perkembangan inflasi se-Indonesia,โ€ terangnya.

Transformasi digital sendiri ialah perubahan penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan masyarakat, salah satunya bagi pelaku IKM dan UKM. Ia berharap melalui pelatihan ini dapat mendatangkan manfaat, dan dapat diaplikasikan dalam usaha dari masing- masing IKM dan UKM. Sehingga dapat bersaing dengan baik di dunia usaha.

 

Mungkin Anda juga menyukai